BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga masih memburu penilaian Wajar Tanpa Persyaratan (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penggunaan dana daerah. Sekretaris Daerah Imam Subiyakto menegaskan cita-cita itu bisa mewujud dengan komitmen seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Menurut Sekda Imam Subijakto, komitmen itu penting dimiliki seluruh kepala SKPD terutama dalam rangka penerapan Permendagri Nomor 64 tahun 2013, tentang penerapan standar akuntansi pemerintah daerah berbasis akrual yang akan mulai berlaku pada 1 Januari 2015.

“Yang penting komitmen itu harus ada. 1 Januari kita melaksanakan SAP berbasis akrual. System ini akan menjadi perantara pengelolaan keuangan yang lebih akurat dan transparan,” ungkap Imam Subijakto saat membuka Sosialisasi Permendagri 64/2013 di Operation Room Graha Adiguna, Selasa (9/9/2014).

Pelaksanaan sosialisasi Permendagri 64/2013 ini sangat penting, karenanya harus diikuti seluruh kepala SKPD yang jumlahnya 176 SKPD. Dalam system akrual yang diamanatkan Permendagri ini, lanjut Imam Subijakto, ada beberapa hal baru yang harus dipahami oleh seluruh pimpinan SKPD.

“Setelah sosialisasi, seluruh kepala SKPD saya minta segera melakukan langkah-langkah persiapan dan melakukan pengawasan terhadap jalanya persiapan penggunaan system LKPD berbasis akrual ini,” kata Imam seperti dikutip dari situs Humas Pemkab.

Perwakilan dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Tugimin menyebut Purbalingga masih dapat nilai Wajar Dengan Persyaratan (WDP). Meski tak mau memberi garansi, namun dengan adanya komitmen melaksanakan Permendagri 64/2013, Purbalingga akan memperoleh penilaian WTP.

Kepala Dinas Pendapatan  Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Yanuar Abidin menuturkan, sosialisasi Permendagri 64/2013 bagi Kepala SKPD dilaksanakan dua hari di Oproom Graha Adiguna Purbalingga. Hari pertama diikuti SKPD dilingkungan Pemkab dan hari kedua (Rabu 10/9) khusus untuk SKPD jajaran Dinas Pendidikan. Selain itu di Aula DPPKAD juga dilaksanakan kegiatan serupa untuk seluruh pegawai DPPKAD.

BANGKIT WISMO