BRALING.COM, PURBALINGGA – Rapat paripurna DPRD Purbalingga, yang dilaksanakan Senin (29/9), menetapkan empat nama untuk dijadikan Pimpinan DPRD. Walau demikian, pengesahan Pimpinan DPRD Purbalingga masih akan menunggu surat keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah.

Dalam rapat itu, Tongat SH (FPDIP) ditetapkan sebagai ketua DPRD, sementara Cres Adhisuseno (Partai Golkar),  Adi Yuwono SH (Gerindra) dan Mukhlis SAg (PKB) menjadi wakil ketua DPRD. Tongat sendiri adalah Ketua DPRD Purbalingga sementara.

Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Uji Winanto SH mengemukakan, dalam forum tersebut ditetapkan Keputusan DPRD bernomor 170-22 tertanggal 29 September 2014 tentang usulan nama pimpinan DPRD. “Surat keputusan rapat paripurna dikirimkan ke Gubernur Jateng,” kata dia.

SK Gubernur tentang penetapan Pimpinan DPRD akan turun maksimal 15 hari kerja setelah hasil keputusan rapat paripurna itu dikirimkan. DPRD Purbalingga sudah mengagendakan untuk mengirim keputusan hasil rapat paripurna pada Selasa (30/9).

Selanjutnya setelah SK Gubernur turun akan dilaksanakan rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah dan janji pimpinan dewan. “Jika dihitung pengucapan sumpah dan janji pimpinan dewan kemungkinan akan dilaksanakan minggu kedua Oktober,” lanjutnya.

Terpisah, Tongat berkata bahwa ia bersyukur karena rapat paripurna dengan agenda penetapan nama-nama pimpinan dewan dapat berjalan sesuai jadwal. “Kami berharap SK Gubernur tentang pimpinan dewan definitive bisa segera turun. Dengan demikian dewan akan bisa lebih optimal dalam menjalankan tugas-tugasnya,” ujarnya.

BANGKIT WISMO