BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga mulai mendorong pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja melalui Generasi Berencana (PIK Remaja GenRe). Program pemerintah ini dimotori Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) dan Dinas Pendidikan Purbalingga.

Pencanangan program ini ditandai dengan penandatangan MoU pada Orientasi Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, bagi Pengelola Program Genre, di aula Hotel Kencana, Selasa (16/9). Nota kerjasama ditandatangani Kepala BKBPP Hanung Wikantono dan Kepala Dinas Pendidikan Tri Gunawan.

Hanung mengemukakan, PIK Remaja dapat dijadikan wadah untuk diskusi terkait berbagai hal yang dapat menghambat remaja tidak mampu menyelesaikan sekolah, seperti pernikahan dini, persalinan dini, HIV/AIDs, narkoba, dan seks bebas.

Tujuan PIK Remaja GenRe adalah untuk mengawal remaja selamat sampai remaja dapat bekerja dan tida k terhambat oleh tiga hal, yakni sek bebas, narkoba dan HIV/AIDs. Lebih luas lagi mensejahterakan masyarakat. “Dengan kata lain, BKBPP menitipkan program KB ke Dinas Pendidikan,” kata Hanung.

Kabid Keluarga Sejahtera (KS) BKBPP Purbalingga, Teguh Indriyono mengemukakan, PIK Remaja adalah suatu wadah dalam program Generasi Berencana (GenRe) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja/mahasiswa. PIK Remaja/Mahasiswa ini berfungsi memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi remaja dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan penunjang lainnya, guna mewujudkanTegar Remaja.

“Tegar Remaja ini maksudnya adalah remaja/mahasiswa yang berperilaku sehat, terhindar dari tiga resiko (seks bebas, HIV/Aids dan Napza) serta memiliki kecakapan hidup agar menjadi bagian dari Generasi Emas,” kata Teguh.

BANGKIT WISMO