Pilihan

Terapkan Teleconference, PDAM Bakal Hemat Rp 680 Juta

BRALING.COM, PURBALINGGA – berbekal dengan software free dan satu perangkat server public, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purbalingga bakal mengaplikasikan sistem teleconference dalam aktifitas kerjanya.

Kepala PDAM, Riyanto mengemukakan maksud pemaparan teleconference ini agar komunikasi antara Bupati dan kepala PDAM berjalan baik. Teleconference pun bakal digunakan untuk pemantauan kegiatan pada unit pelayanan PDAM di setiap kecamatan.

“Software yang kita gunkan namanya open meeting yang berbasis open source yang diinstal di server,” ujar Riyanto. Senin (1/9) siang, PDAM mempraktikan teleconference dengan Bupati Sukento Ridho Marhaendrianto, Camat Kutasari dan Asisten I.

Dari program open meeting ini, Riyanto menjelaskan, bisa dikembangkan untuk email data, pelaporan keuangan, pelaporan kerusakan dan pelayanan pelanggan. Program bisa diakses melalui google croom atau fire fox dengan mencantumkan nomor Internet Protocol (IP) public server. “Biaya sangat murah dan bisa akses semua orang,” tambah Riyanto

Sedangkan Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto menyanjung aksi PDAM itu, Ia juga menyebut, sistem ini adalah wujud upaya penghematan dana. “Kurang lebih ada sekitar 680 juta yang dapat kita hemat untuk kegiatan teleconference,” ujar Sukento.

Sukento mengklaim tahun ini kurang lebih ada Rp 2 milyar anggaran yang dapat dihemat. Yang pertama untuk teleconference, kedua penghematan di RSUD Goetheng Taroenadibrata sekitar Rp 360 juta di Bapermasdes Rp 900 juta. “Penghematan bisa kita gunakan untuk program kemasyarakatan lainnya,” kata Sukento.

Sukento juga berpendapat program IT bisa digunakan untuk memperlancar kinerja masing-masing SKPD. Kedepan perangkat tablet yang menjadi inventaris masing-masing kepala SKPD bisa digunakan untuk teleconference. Yaitu dengan program skype bisa dilakukan komunikasi di sana.

“Terkait masalah e office, kita masih dalam proses, syukur nanti dari personil PDAM dapat mengembangkannya sehingga kita harapkan angaran bisa kita hemat lagi,” kata Sukento yang dikabarkan berminat menjadi Calon Bupati Purbalingga 2015-2020..

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.