Pawarta

Dishubkominfo Dorong UMKM Terapkan Pemasaran via Internet

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bidang Kominfo pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Purbalingga mendorong UMKM di Kota Perwira untuk menggunakan internet dan media sosial sebagai pemasaran produk mereka. Pemasaran lewat media sosial dinilai akan menekan pengeluaran UMKM.

Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Jonathan Eko Nugroho melalui Kasie Komunikasi dan Diseminasi Informasi Baryati SKom mengemukakan, hal itu didasarkan pada penilaian bahwa selama ini pegiat usaha mikro kerap bermasalah dengan pemasaran, disamping juga keterbatasan modal.

Pemasaran maya dipilih karena media sosial saat ini sejatinya sangat dekat dengan aktifitas sosial sehingga dipastikan banyak orang dari berbagai wilayah yang mengetahui produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha kecil. Pemanfaatan internet untuk memasarkan poduk ini sangat murah, dengan jangkauan pemasaran yang tidak terbatas, baik waktu maupun wilayah.

Dijelaskan Baryati, salah satu kegiatan pelatihan internet akan dimulai bagi pelaku usaha kecil di Kelurahan Bancar Purbalingga, Jumat (3/10). Dinhubkominfo kerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Madani mengadakan pelatihan Pengenalan Internet Untuk Pemasaran Produk. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang pelaku usaha kecil yang ada di kelurahan Bancar.

Ketua KIM Madani Kelurahan Bancar Agus Wardoyo mengatakan, pemasaran melalui media sosial dan internet sangat efektif. Disamping hemat biaya, promosi melalui internet juga dapat dilihat oleh banyak orang, bahkan dapat dimanfaatkkan untuk media pemasaran, tawar menawar harga dan pesanan.

Dari data yang dimiliki KIM Madani, di wilayah Kelurahan Bancar Purbalingga memiliki aneka produk rumahan, seperti batu akik dari sungai Klawing, kerajinan tangan berbahan sampah bungkus kopi, telor asin, dan masih aneka produk makanan olahan.

BANGKIT WISMO
Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *