Social Media Logotype Background  Optimalkan Media Sosial dengan 7 Jurus Ini social media 300x200

BRALING.COM, PURBALINGGA – Penggunaan media sosial semakin masuk dalam sendi kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Mulai dari bangun tidur sampai dengan beranjak tidur, banyak dari kita yang tidak bisa lepas berbagi cerita dan hal-hal menarik dalam keseharian melalui media sosial.

Seiring perkembangan zaman, penggunaan media sosial dari Facebook hingga Instagram tidak lagi bisa sembarangan. Terutama bagi mereka yang hendak memasuki dunia kerja. Sebab, tidak sedikit perusahaan yang menjadikan aktifitas di media sosial sebagai salah satu bagian dari penilaian penerimaan kerja.

Berikut ini ada tujuh tips beraktifitas sosial di media sosial, terutama Facebook bagi para kaum muda yang hendak mencari kerja supaya kian meyakinkan di hadapan calon bos. Berikut ini adalah tips yang dikutip dari Babble.com;

Bersihkan akun Facebook anda

Bersihkan beranda Facebook Anda dan singkirkan apa pun, baik itu posting maupun foto, yang dapat dianggap menyinggung orang lain. Posting di beranda menjadi acuan bagi orang untuk menilai bagaimana interaksi kita di media sosial. Misalnya tentang kebiasaan mengumpat atau berbohong.

Gunakan foto yang nampak profesional

Sebuah gambar bernilai seribu kata, karena itulah pastikan setiap orang mendapatkan kesan pertama yang baik. Unggah foto yang menarik itu harus dilakukan secara konsisten di semua media sosial yang anda gunakan. Dengan demikian, orang akan kian mudah mengenali anda, sekaligus memudahkan proses pembangunan merek diri anda.

Pastikan orang menemukan anda

Di era sekarang ini, interaksi online masih menjadi hal yang penting. Pastikan orang mudah mencari anda. Gunakan email yang mudah dan cocok untuk aktifitas kerja. Hindari penggunaan email atau nama akun yang alay atau bahkan membingungkan.

Rawat jaringan anda

Pastikan anda terus merawat jaringan, baik itu teman sekolah, kuliah, guru bahkan teman-teman di desa. Terkadang, pekerjaan akan datang dari teman-teman lama yang sudah lama tidak bersua.

Buatlah kontribusi sosial

Mulailah untuk lebih peduli kepada lingkungan sosial dengan terlibat pada kegiatan sosial yang ada di sekotar kita. Jangan malu untuk terlibat pada hal positif. Dengan konsisten melakukan hal baik, orang lain akan menilai bahwa anda memiliki nilai lebih dibandingkan rekan-rekan anda.

Berikan pendapat & jadilah aktual

Untuk beberapa bidang kerja, kemampuan anda memberikan pendapat akan suatu permasalahan yang aktual akan menjadi salah satu hal yang diperhatikan, Kemampuan bertutur di media sosial adalah hal yang penting untuk mendapatkan kesan pertama dari orang lain.

Jadilah diri sendiri

Tidak ada orang lain yang bisa menjadi diri anda, selain anda sendiri. Karenanya, jangan ragu untuk menampilkan jati diri anda di media sosial.

BANGKIT WISMO