Gaya

Persahabatan Abadi? Raih Dengan Cara Ini

BRALING.COM, PURBALINGGA – Memiliki sahabat yang selalu bisa jadi tempat berbagi cerita senang dan sedih menjadi impian banyak orang. Namun, harapan itu sangat susah untuk diwujudkan. Apalagi, di tengah kehidupan sosial yang semakin sarat prinsip individualistik.

Psikolog dan penulis blog The Friendship Blog, Irene Levine, dalam laman The Huffington Post Jumat, 17 Oktober 2014 menyebut ada beberapa rahasia agar persahabatan biar langgeng. “Ada rahasia di balik jenis-jenis kasih sayang platonik yang langgeng,” ujar Levine seperti dikutip dari Tempo.co.

Selalu menaruh harapan

Persahabatan yang kuat itu harus saling menaruh harapan satu sama lain sekaligus tidak saling menekan. Mereka saling memahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Karena itu, satu sama lain saling berusaha melengkapi kebutuhan yang lainnya.

Mudah beradaptasi

Orang yang punya persahabatan yang langgeng biasanya tipe yang fleksibel dan pemaaf. Mereka sadar tak ada orang dan hubungan yang sempurna. Artinya, keduanya sadar, sebagai teman mereka harus memberi dukungan agar kawan mereka berkembang dan berubah. Mereka juga sadar persahatan tidak hanya manis, namun ada pasang surutnya.

Nongkrong bareng

Hal ini krusial. Cobalah untuk selalu berbagi kabar dan pengalaman hidup dengan sahabat Anda. Dibanding cuma melihat buku kenangan kalian dulu, lebih baik bertukar cerita, seperti apa kehidupan kalian sekarang.

Mengapresiasi hubungan yang sudah terjalin lama

Persahabatan yang langgeng sangatlah jarang, jadi sangat berharga karena susah melakukannya. Jadi jika Anda memilikinya, hargailah itu.

Tidak bertahan hanya karena terpaksa

Susah untuk membiarkan orang yang sudah berbagi banyak hal dengan kita, pergi. Tapi ini penting. “Kalau sebuah persahabatan “garing”, itu petanda buruk untuk hubungan,” ujar Levine. Tanda-tandanya, Anda malas menghabiskan waktu dengannya, dan saat akhirnya bertemu, kalian tidak banyak mengobrol.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.