Pawarta

PSN Harus Terus Digencarkan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kesahatan (Dinkes) Purbalingga menyebutkan bahwa pemberantasan sarang nyamuk (PSN) masih perlu ditingkatkan demi terus menekan bertambahnya kasus demam berdarah (DB), dan demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Purbalingga.

“Agar kedepan, masyarakat terbebas dari wabah demam berdarah, dengan PSN, diharapkan kasus DB/DBD di Purbalingga, akan semakin menurun. Saat ini, angka penderita DB di Purbalingga, masih relatif tinggi, sehingga gerakan PSN perlu untuk terus ditingkatkan,” kata Kepala Dinkes Purbalingga, Nonot Mulyono, Selasa (28/10/2014).

Seperti diketahui, hingga pertengahan Oktober 2014, jumlah penderita DBD dan DB sudah menembus 400 orang. Padahal, tahun lalu, penderita hanya berjumlah sekitar 500 orang. “Untuk itu, mata rantai penyebaran virus DB/DBD, yaitu nyamuk aedes kita putus, agar perkembangbiaknnya dapat berkurang,” ucapnya.

“Selain gerakan PSN, pemberantasan  nyamuk juga mendapatkan dukungan dari kader/juru  pemantau jentik (Jumantik) di setiap desa, yang jumlahnya minimal 20 orang per desa. Tugas dan fungsi dari para Jumantik tersebut, adalah melakukan pemantauna secara berkala di setiap rumah penduduk,” kata dia.

“Sehingga kalau sampai ditemukan jentik, berarti gerakan PSN tidak jalan, dan itu menajdi tigas jumantik untuk memberikan sosialisasi pemberantasan kepada masyarakat,” Nonot Mulyono menambahkan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.