Pawarta

Stok Beras di Purbalingga Masih Aman

BRALING.COM, PURBALINGGA – Ketersediaan beras di Kota Perwira dijamin aman hingga enam bulan mendatang. Sebab, Badan Usaha Logistik (Bulog) menyebutkan, stok beras di gudang Bulog Karangsentul, saat ini masih mencapai 8000 Ton.

“Dari sisi ketersediaan, dan  mekanisme penyalurannya, khusus untuk beras medium Bulog akan menunggu intruksi dari leading sector pemerintah daerah. Sedangkan beras premium kapan saja jika dibutuhkan stok BULOG dapat memenuhi. Sebab Bulog Mart se-Jateng turut mengambil peran dalam penyediaan beras dengan harga dibawah harga pasar, “kata Kepala Gudang Bulog Karangsentul Purbalingga, Mohammad Usman.

Seperti dikutip dari situs resmi Humas Sekda Purbalingga, Usman mengatakan hal itu saat mendampingi Bupati Purbalingga, saat penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahun 2014 di Desa Maribaya, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Jum’at (17/10).

Untuk memenuhi beras miskin (raskin), setiap bulannya Bulog Purbalingga menyalurkan 1. 205.655 Kilogram beras, untuk jangka waktu 12 bulan. Sedangkan kebijakan pemberian raskin tahun depan masih menunggu kebijakan dari pemerintahan yang baru.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Dan Ketahana Pangan (BP2KP) Purbalingga, Lily Purwati berkata pada tahun ini, jumlah rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Purbalingga sebanyak 80.377 yang menerima raskin, sedangkan jumlah kuota  beras yang diberikan kepada RTS jumlahnya sebanyak 1.205.655 Kilogram, atau kurang lebih 1,2 ton.

Untuk membantu warga masyarakat yang terkena dampak kekeringan, pada tahun 2014 pihaknya sudah menyalurkan beras cadangan pemerintah (CBP) tahun 2014 sebanyak 77.955 Kilogram, untuk 5197 kepala keluarga (KK) untuk enam kecamatan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.