Pawarta

Suguhan Tak Pakai Produk Purbalingga, Bupati Soroti Kesadaran SKPD

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto menyebut kesadaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menggunakan produk lokal masih sangat rendah. Ia merasa ajakannya untuk menggunakan produk asli Purbalingga masih dihiraukan.

Saat Road show Kewirausahaan di Aula Kecamatan Karangreja, Kamis (2/10/2014). Bupati menyoroti aid minum kemasan yang disuguhkan bukan dari produk air minum Braling yang diproduksi PDAM Purbalingga.

“Ini terjadi di sini. Kesadaran penjual dan kesadaran pembeli masih kurang. PDAM nggak sadar, Pak Camat juga nggak sadar. Ngasih minuman produk luar. Padahal saya sudah teriak-teriak sampai tenggorokan saya kering. Pemda, BUMD, SKPD harus menggunakan air mineral merk Braling. Ini masih merek lain,” ujar Bupati Sukento.

Menurut Bupati, kesadaran menggunakan produk sendiri perlu terus dikampanyekan. Apalagi menjelang diberlakukanya pasar bebas Asean (MEA) pada 2015. Dimana produk-produk negara Asean akan membanjiri Purbalingga. Apabila kesadaran membeli dan menggunakan produk lokal tidak ada, maka perekonomian Purbalingga akan mati.

“Kesadaran menggunakan produk lokal juga harus dibarengi dengan kesadaran dan kejelian para produsen dalam memasarkan. Harus kreatif dan bisa menciptakan peluang pemasaran menggunakan media social dan teknologi informasi,” Sukento yang santer dikabarkan minat duduk menjadi Bupati Purbalingga 2015-2020.

“Promosikan produk kita di baliho-baliho dimanapun. Branding tanpa Bupati juga nggak apa-apa. Termasuk nanti saya minta kepada Sekda supaya pemda berusaha sekuat tenaga  agar dalam acara apapun menggunakan produk lokal. Termasuk seluruh SKPD dan kantin-kantin sekolah,” tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop), Agus Winarno menuturkan, kegiatan road show kewirausahaan dilakukan guna memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM di Purbalingga. Rencananya road show akan diadakan 6 kali dimana tiap kegiatan diikuti pelaku UMKM di Kecamatan Karangreja, Bobotsari dan Karangjambu.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.