Pilihan

Ditemui Bawaslu Jateng, Sekda Sebut Purbalingga Siap Gelar Pilkada

Sekda Purbalingga menemui Bawaslu Jateng untuk bahas persiapan Pilkada Purbalingga.
Sekda Purbalingga menemui Bawaslu Jateng untuk bahas persiapan Pilkada Purbalingga.

BRALING.COM, PURBALINGGA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah menemui Pemkab Purbalingga, Rabu 26 November 2014 untuk menanyakan kesiapan pemerintah dalam melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga, September 2015.

Dua anggota Bawaslu beserta sekretariat Bawaslu diterima Sekda Purbalingga Imam Subiyakto, bertempat di ruang rapat Sekda. Dalam pertemuan tersebut, Assisten 1 Kodadiyanto, Sekretaris Bappeda Suroto dan Kepala DPPKAD Januar Abidin juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Pada pertemuan itu, Sekda Imam Subiyakto mengatakan Pemkab Purbalingga siap melaksanakan Pilkada pada September 2015. Salah satunya diwujudkan dengan memasukan anggaran pada RAPBD 2015 yang saat ini masih digodok di DPRD Purbalingga.

Pemkab mengajukan anggaran pilkada di APBD 2015 lebih dari Rp 24 miliar. Dengan rincian untuk keperluan KPU Rp 19 miliar, Panitia Pengawas Rp 2,6 miliar dan sisanya untuk kebutuhan lain yang mendukung terlaksananya pilkada. Pemkab juga mempersiapkan empat PNS untuk menjadi personil sekretariat panitia pengawas.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Juhanah mengungkapkan, Bawaslu melakukan audiensi dengan para pimpinan daerah untuk mengetahui kesiapan dan dukungan pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang bakal dilaksanakan serempak pada September 2015.

Karena saat ini dianggap sebagai waktu yang tepat sebelum APBD diitetapkan, hal ini terkait adanya Pengawas TPS yang merupakan struktur organisasi baru yang berimplikasi pada penyiapan anggaran dan SDM.

Langkah Bawaslu berlandas pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada sebagai hukum positif yang ada saat ini. Pelaksanaan pilkada dilakukan serentak khusus untuk bupati/walikota yang habis masa jabatannya di tahun 2015.

BANGKIT WISMO
Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *