Warga Tanalum dan TNI bergotong royong membuka akses ke curug di desa Tanalum.  Dukung Desa Wisata, Warga Tanalum dan TNI Buka Jalur Wisata Membuat Jalan Curug 2 300x206
Warga Tanalum dan TNI bergotong royong membuka akses ke curug di desa Tanalum.

BRALING.COM, PURBALINGGA – Warga Desa Tanalum Kecamatan Rembang dibantu personel TNI membuka akses jalan menuju curug Nagasari, Kamis 13 November 2014. Jalan sepanjang 700 meter ini dibangun untuk wisatawan agar bisa menikmati nuansa alam sepanjang perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki.

Sekeretaris Desa Tanalum, Dwi Marti mengatakan, jalan ini khusus untuk pejalan kaki. Tujuannya agar suasana alam bisa dinikmati para wisatawan. “Ini akan menjadi paket wisata alam, karena itu jalan ini bukan untuk kendaraan roda dua ataupun mobil,” kata dia.

Track ini sendiri didisain agar sisi eksotik alam Tanalum bisa dengan mudah dinikmati. Semula, jalan memanjang di tepi sungai Aul. Namun, jalur ini kurang “menjual” pesona alam desa setempat, sehingga dibuat jalur baru. Di sepanjang jalur ini juga akan dibangun warung makan dan fasilitas lainnya.

Ia mengatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan menuju desa wisata. Di antaranya manajemen pengelolaan dan paket wisata yang akan melibatkan desa lain.

Kepala Desa Tanalum, Supriono mengemukakan bahwa potensi wisata di Tanalum tidak hanya Curug Nagasari maupun Curug Aul, namun ada juga Curug Kali Karang. Hanya saja, kata Kades Tanalum, potensi itu tidak bisa diberdayakan karena permasalahan akses menuju lokasi wisata.

Komandan Koramil Rembang, Kapten Arm Sudiyo mengayakan, ada 30 personel Kodim 0702 dan Koramil Rembang yang dilibatkan dalam kerja bakti ini. Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kemanunggalan TNI dengan masyarakat. “Ini merupakan bagian dari tugas mengisi kemerdekaan,” kata dia.