Pawarta

PAUD Masih Kurang Perhatian

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekalipun terus disebut sebagai pondasi dalam proses pendidikan, pendididikan anak usia dini (PAUD) baik sekolah formal maupun non formal masih kekurangan perhatian dari Pemerintah. Minimnya dana operasional pendidikan adalah salah satu buktinya.

Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Purbalingga, Waskun mengemukakan, dana pendidikan di PAUD dari pemerintah daerah masih sedikit yakni sebesar Rp 7,2 juta per tahun. Dana bantuan ini merupakan bantuan dari pusat yang tidak semua memdapatkannya, tiap kecamatan hanya 6 lembaga pendidikan yang mendapatkan baik formal maupun non formal.

“Bantuan dari kabupaten berupa dana kesehteraan sebesar Rp 75 ribu perbulan untuk 800 tenaga pendidik, padahal total tenaga pengajar sampai saat ini sebanyak 1600 orang” ujar Waskun saat dijumpai di Gedung Graha Adiguna, beberapa waktu lalu..

Permasalahan yang lain, Waskun menjelaskan belum adanya gambaran tenaga pendidik kedepannya, mau  dianggakat menjadi pegawai negeri sipil atau mendapatkan tunjangan sertifikasi sebagaimana tenaga pendidik lainnya.

Dari data Diknas jumlah sekolah PAUD di Purbalingga sebanyak 613 sekolah dengan rincian sekolah formal 252 sekolah dan non 361 sekolah sementara sekolah PAUD terus bertambah. Sedangkan syarat pendirian PAUD ada 3 yaitu harus ada lembaganya, ada sarana dan prasarnanya dan ada gurunya.

Dalam pendirian PAUD juga idealnya harus ada ahli gizinya, ada psikolog anaknya dan tenaga pendidiknya minimal sarjana PAUD. “Kurikulum PAUD seyogyanya tidak boleh mengajarkan baca tulis hitung, dan pelaksanaan wisuda,” ujar Waskun.

Sukristanto, Dosen Universitas Muhamadiyah Purwokerto mengemukakan seorang guru harus mempunyai 4 kompetensi dasar yaitu kompentisi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. “Seorang guru harus mempunyai kompetensi sosial yaitu memotivasi anak didik agar giat dalam belajar,” ujar Sukristanto.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *