Pawarta

Sambut Potensi Pemasaran, Purbalingga Bentuk Paguyuban Batu Klawing

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga menyambut euforia Batu Klawing tidak hanya dengan gelombang eksplorasi potensi batu mineral itu. Melainkan juga dengan pembentukan Paguyuban Batu Klawing Purbalingga.

Paguyuban itu dikukuhkan di Pendapa Dipakusuma, Sabtu 8 November 2014 malam. Paguyuban yang diketuai Bejo Cahyono itu dikukuhkan Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto. Bupati sendiri antusias dengan booming ini bahkan sudah menjadi kolektor.

“Tahun 2015 nanti, Bappeda tolong dianggarkan untuk pelatihan. Saya ingin di Purbalingga ada sentra kerajinan batu Klawing. Entah kapan itu terwujud, tapi kita siapkan dari sekarang,”ujar Bupati. Malam itu, bersama Dandim Purbalingga Letkol Inf Agustinus Sinaga, Bupati mendapat cincin berbatu klawing.

Bupati bermimpi Purbalingga menjadi pusat penjualan batu seperti di Bangkok dan Pataya di Thailand. Di kawasan itu kini menjadi tempat penjualan batu yang luar biasa besarnya, yang tiap hari didatangi pecinta batu dari berbagai dunia. Bukan hanya banyak yang datang, tapi juga banyak yang membeli.

“Setidaknya seperti sentra batu yang ada di Kalimantan tepatnya di Martapura. Di sini nilai jual kerajinan batu juga sangat tinggi. Saya ingin batu Klawing kita harganya juga melejit seperti harga batu akik jenis lainnya,” kata Sukento.

“Saya minta semua mendukung. Jangan berantem. Saya sudah meminta jajaran pimpinan SKPD dan anggota DPRD untuk membeli dan menggunakan batu akik Purbalingga,” imbuh dia.

Para anggota paguyuban diminta memilih salah satu dari lima calon ketua yakni Bayu Satrio Wibowo mendapat 43 suara, Nurul Amin (25), Bejo Cahyono (53), Seno Bayumurti (6) dan Wasis Pracoyo (1).

“Bejo Cahyono berhasil terpilih menjadi ketua paguyuban. Sedangkan calon lainnya disepakati untuk posisi wakil ketua 1,2 dan 3 serta sekretaris. Posisi bendahara dipercayakan kepada Hafis,” jelas Ismuhadi, Humas Paguyuban.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.