Plesir

Siswa SDN 1 Jambudesa Nikmati Wisata Soedirman

BRALING.COM,  PURBALINGGA – Dua buah truk berhenti di depan Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Sabtu (1/11). Sesaat kemudian, sekitar 125 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Jambudesa, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga tampak berhamburan dari truk.

Meski hanya berjarak sekitar 12 kilometer dari sekolahnya, namun siswa kelas IV hingga VI mengaku baru pertama kali berkunjung ke MTL Soedirman. Bahkan, banyak diantaranya yang tidak mengetahui jika Panglima Besar Jenderal Soedirman, lahir di Desa Bantarbarang, Rembang, yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Saya sangat senang bisa mengunjungi MTL Soedirman. Saya bisa belajar sejarah Sodirman dan sekaligus bisa bermain-main disini,” tutur Tegar, siswa kelas VI. Sejumlah siswa lainnya juga mengungkapkan hal yang sama.

Selain bisa menikmati diorama perjuangan panglima Soedirman, juga melihat rumah duplikat Soedirman beserta isinya. Mereka antusias dan mencatat banyak hal di tempat wisata yang dikelola Dinbudparpora Purbalingga itu. “Saya mencatat semua karena ada tugas pelajaran sejarah dari bu guru,” tutur Rina, salah satu siswa lainnya.

Siswa juga mendapat motivasi dari Staf Ahli Bupati Purbalingga Bidang Hukum dan Politik, Drs Jarot Sopan Riyadi.  Djarot banyak bercerita tentang semangat perjuangan Soedirman. Ia berharap siswa bisa meniru semangat juang itu. “Contohlah Panglma Soedirman, tetap pantang menyerah menghadapi musuh meski dalam keadaan sakit,” ujar Djarot.

Komandan Koramil Rembang, Kapten Sugiyo bersama anak buahnya juga membakar semangat nasionalisme kepada anak-anak. Pekikan kata ‘merdeka’ beberapa kali diteriakan yang diikuti anak-anak dengan semangat sembari mengepalkan tangan. Sugiyo juga mengajak anak-anak untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sugiyo meminta siswa dan siswi untuk berani maju kedepan seperti layaknya Panglima Soedirman yang gagah berani. “Ayo siapa yang bercita-cita jadi TNI, siapa yang bercita-cita jadi jenderal. Ayo maju sini,” ucap Sugiyo. Siswa mendapat hadiah uang kepada anak yang menyanyikan lagu Padamu Negeri

Kepala SDN 1 Jambudesa, Mutohar mengungkapkan, pihak sekolah tertarik untuk berkunjung ke MTL Soedirman setelah dalam suatu kesempatan bersilahturahmi di Dinbudparpora Purbalingga. “Saya sempat menanyakan kepada para siswa, apakah sudah pernah ke MTL Soedirman, ternyata banyak yang belum pernah,” kata Mutohar.

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora, Ir Prayitno MSi mengatakan, paket wisata Soedirman merupakan paket wisata untuk menggugah semangat nasionalisme dan pantang menyerah, khususnya bagi para siswa. Paket ini muncul saat mengetahui banyak siswa di Purbalingga yang ternyata belum pernah berkunjung ke MTL Soedirman.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *