Purbalingga, 14 November 2014

Yth. Bupati Purbalingga

Bpk Drs.H. Sukento Rido Marhaendrianto, MM

di Purbalingga

 

Assalamualaikum wr wb.

Seiring surat ini saya buat, saya harap bapak dan keluarga selalu sehat, senantiasa di beri berkah,hidayah dan inayah oleh allah swt. Terimakasih atas kesempatan untuk menulis surat kepada bapak Sukento untuk kemajuan Purbalingga di masa depan.

Izinkanlah saya Afidatul Masitoh seorang pelajar dari SMA N 1 BOBOTSARI menyampaikan sebuah harapan untuk Purbalingga di masa yang akan datang. Masyarakat purbalingga sekarang sedang di bingungukan dengan sulitnya untuk mencari sebuah lapangan pekerjaan yang bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Banyaknya jumlah penduduk di kawasan purbalingga sepertinya berbanding terbalik dengan ketersediaan jumlah lapangan pekerjaan. Khususnya di daerah pedesaan banyak sekali masyarakat yang menganggur akibat kurangnya lapangan pekerjaan. Tidak sedikit dari mereka yang hanya mengandalkan dengan keadaan lingkungan sekitar. Hal yang demikian tentunya  akan berdampak pada kehidupan mereka. Terlebih lagi bagi mereka yang tidak memiliki pendidikan yang memadai hanya mengandalkan kemampuan otot saja ini tentu saja menjadi salah satu faktor penghambat terbentuknya suatu kondisi kehidupan mereka untuk lebih layak lagi. Selain itu faktor penghambat lainnya adalah tersedianya sarana dan prasaranan umum. Banyak sekali jalan di desa-desa terutama didesa terpencil yang kondisi jalannya bisa dikatakan tidak layak untuk digunakan. Jalan-jalan yang seperti ini tentu saja akan menghambat aktivitas kegiataan ekonomi warga desa. Selain jalan-jalan desa yang rusak hal ini juga menjadi kendala untuk mengakses daerah tertentu. Bapak bupati yang terhormat terlebih lagi kita tahu bahwa tidak semua warga desa memiliki kendaraan bermotor, hal ini tentunya akan membuat susah warga-warga desa. Angkutan desa yang tidak selalu ada ketika di butuhkan tentunya akan membuat keadaan warga desa menjadi lebih susah lagi.

Bapak bupati yang saya hormati melihat keadaan masyarakat desa yang demikian tentunya mengharuskan kita untuk mencari sebuah solusi terbaik. Jumlah lapangan kerja yang minim di bandingkan dengan jumlah penduduknya, masih rendahnya ringkat pendidikan, pengetahuan masyarakat desa serta tidak tersedianya sarana dan prasarana umum yang memadai tentu saja membuat kita harus mencari sebuah jalan terbaik. Untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat desa kita harus memiliki berbagai ide dan kreatifitas. Untuk menumbuhkan ide-ide dan kreatifitas dari masyarkat desa bisa dilakukan dengan menumbuhkan jiwa masyarakat yang mandiri untuk mau berusaha meningkatkan kualitas hidup mereka. Kita bisa menubuhkan jiwa masyarakat desa yang mandiri dengan membakali mereka dengan ketrampilan mereka. Selalin itu kita juga harus mendukung berjalnnya UKM yang di harapkan bisa untuk lebih menunjang kehidupan mereka. Dengan memberikan pinjaman kepada masyarakat desa terlebih dahulu untuk mendukung berkembangnya UKM, sehingga dengan demikian masyrakat tidak perlu khawatir akan modal yang harus mereka keluarkan untuk menumbuh kembangkan UKM. Sampai sekarang kurangnya perhatian dari berbaga pihak tentang UKM itu sungguh memprihatinkan padahal jika kita mau untuk lebih fokus lagi terhadap cara untuk mensukseskan UKM tentu akan menghasilkan sebuah perubahan pada kehidupan masyarakat terutama masyarakat pedesaan. Sehingga masyarakat pedesaan tidak hanya bergantung pada masyarkat kota dan juga masyarakat pedesaan setidaknya akan lebih mju atau paling tidak setara dengan masyarakat kota.

Bapak bupati yang terhormat saya sebagai masyarakat desa terutam masyarakat purbalingga mengharapkan agar purbalingga di masa yang akan datang masyarakatnya tidak kesulitan untuk mencari lapangan pekerjaan, sarana dan prasarana umum yang memadai sehingga memudahkan masyarakat pedesaan dalam beraktifitas sehari-hari terutama aktivitas pokok mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hrinya ,dan juga saya mengarapkan bapak bupati tergugah hatinya untuk lebih mensukseskan dan memperhatikan tumbuh kembangnya UKM di pedesaan sehingga kehidupan masyarakat desa akan lebih maju atau setidaknya bisa untuk menunjang kehidupan mereka sehari-hari. Demikian yang bisa saya sampaikan kepada bapak bupati purbalingga saya harap bapak tergugh hatinya untuk mewujudkan harapan-harapan kecil dari masyarakat purbalingga untuk purbalinnga tercinta.