Pawarta

Surat untuk Bupati dari Anggreani Setya Ningsih

Kepada Yth

Bapak Drs.H SUKENTO RIDHO MARHAENDIANTO,MM

Bupati Purbalingga

di Purbalingga

 

Assalamu’alaikum wr.wb

Pertama saya ucapkan salam untuk Bapak.Bupati, agar bapak selalu dilindungi oleh Allah SWT di setiap langkah bapak.

Bapak bupati yang saya hormati, jujur saya bangga sekali kepada bapak, karena di masa globalisasi ini bapak sangat bersemangat memimpin rakyat Purbalingga agar Purbalingga bisa lebih maju dan sejahtera. Seperti kata Bung karno “ Berikan saya 1.000 pemuda, maka saya akan mengubah dunia lebih baik”. Saya berharap semoga perkataan Bung karno itu dapat terwujud dengan semangat Bapak membangun Kabupaten Purbalingga.

Perkenalkan nama saya ANGGREANI SETYA NINGSIH, saya kelas X AP1 dari SMK Widya Manggala Purbalingga. Dalam kesempatan kali ini saya bermaksud untuk menyampaikan keinginan saya untuk Purbalingga di masa yang akan datang menjadi Purbalingga yang lebih maju dan sejahtera.

Bapak bupati yang saya hormati, perkenankan saya untuk menyampaikan keinginan saya. Saya berharap perpustakaan keliling di Purbalingga digalangkan kembali, karena sebenarnya saya dan teman-teman sangat senang membaca buku. Saya ingin program perpustakaan keliling berjalan sampai di desa-desa terpencil jangan hanya di kota saja, agar semua masyarakat Purbalingga tidak terkalahkan oleh jaman dan  juga penggunaan perpustakaan untuk  diperindah, buku-bukunya diperbanyak lagi agar semua masyarakat di Purbalingga makin giat untuk membaca, dan bisa menjadikan masyarakat Purbalingga lebih pintar dan berkembang.

Saya ingin berterima kasih kepada bapak atas kegiatan penanaman 100 pohon yang di lakukan di sekitar lapangan Padamara kota Purbalingga. Namun, saya ingin memberikan sedikit pendapat saya mengenai kegiatan penanaman pohon di lapangan Padamara. Bapak bupati yang saya banggakan, Penanaman pohon merupakan salah satu usaha baik untuk mengurangi dampak global warming yang mengakibatkan produksi oksigen semakin berkurang. Karena atmosfer yang bercampur emisi telah mengakibatkan oksigen berkurang. Selain mengurangi dampak global warming, penanaman pohon juga mempunyai tujuan dapat mencegah terjadinya banjir dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan betapa pentingnya menanam pohon.

Beberapa manfaat penanaman pohon yang saya ketahui, diantaranya :

  1. Dengan menanam 1 pohon dapat menghasilkan 1,2 kg oksigen/hari
  2. Menanam 3 pohon disekitar rumah mampu menghemat biaya AC hingga 50%
  3. Pohon dapat menurunkan partikel debu. Menurut pengamatan Bianpoem (1997) pohon dengan luas 300X400 m² dapat menurunkan kadar partikel debu dari 7.000 partikel/liter menjadi 4.000 partikel/liter
  4. Pohon juga menceah efek rumah kaca. Pohon mencegah dengan mengganti 3,7 ton CO ²  menjadi 2 ton O²
  5. Pohon juga mencegah hujan asam yang disebabkan gas CO²  yang di hasilkan pabrik. Pohon akan menyerap gas tersebut dan  mengubahnya menjadi O²
  6. Selain itu, dengan menanam pohon kelestarian lingkungan terjaga dan dapat membuat Purbalingga menjadi lebih segar.

Dari beberapa manfaat penanaman pohon yang saya ketahui, saya mengharapkan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di sekitar lapangan Padamara, namun di pinggir jalan kota maupun desa.

Bapak Bupati yang saya hormati, potensi wisata di Purbalingga saat ini sangat bagus dan indah. Purbalingga kini sudah terkenal dengan tempat wisatanya, seperti Owabong, Purbayasa, Taman Reptil, dan masih banyak lainnya yang didukung dengan fasilitas yang memadai. Namun sayangnya ada beberapa tempat wisata menarik di Purbalingga yang fasilitasnya masih kurang memadai dan akses angkutan umum yang menuju tempat-tempat tersebut masih jarang, contohnya : Taman sentul (Sentul Garden), Taman bojong, dll. Kalau saja di Taman sentul (Sentul Garden) ditambah lagi seperti adanya taman burung dan bunga-bunga yang cantik, pasti pengunjungnya semakin ramai.

Bapak Bupati, beberapa waktu yang lalu saya sempat menjelajahi wilayah Purbalingga bagian selatan tepatnya desa Kalialang, Sumilir, dan Muntang. Kebanyakan orang menyebut ketiga daerah itu sebagai daerah pelosok. Mungkin karena akses jalannya yang cukup jauh dari kota. Untuk menuju ketiga desa itu saya harus melewati beberapa jalanan desa yang kanan kirinya berupa hamparan sawah yang luas. Pemandangan cukup bagus, namun kondisi jalan tidak sebagus pemandangannya. Saat ini di kota banyak sekali kegiatan perbaikan jalan. Namun, kenapa jalan-jalan di desa sepi dari kegiatan perbaikan jalan? Mungkin ini hanya contoh kecil saja, jalan desa yang rusak. Di wilayah Purbalingga yang lain khususnya yang berpredikat daerah pelosok mungkin mengalami nasib yang sama. Sepi dari kegiatan perbaikan jalan. Dari cerita singkat saya ini, saya sangat mengharapkan bahwa tidak ada perbedaan dalam hal pembangunan daerah. Saya berharap jalan-jalan rusak di desa-desa pelosok pun diperhatikan tidak hanya jalan-jalan kota yang diperbaiki.

Bapak Bupati, desaku Silado adalah desa yang terletak di kawasan perbatasan antara  kota Purbalingga dan Purwokerto, di mana sebagian besar masyarakat bekerja sebagai buruh pabrik di Purbalingga dan kebanyakan pelajar SMA/SMK bersekolah di Purbalingga. Saya warga desa Silado ingin memberitahukan kepada Bapak bupati bahwa angkutan umum yang menuju desa kami cukup sulit, butuh waktu setengah jam berjalan kaki untuk mendapatkan angkutan umum  menuju kota Purbalingga kami selaku warga desa yang berada di perbatasan berharap agar ada angkutan umum yang menuju desa kami, supaya kami pelajar yang bersekolah di Purbalingga tidak berjalan kaki untuk mendapatkan angkutan menuju sekolah.

Bapak Bupati, kami hanyalah pelajar yang kurang diperhatikan dalam bidang pendidikannya, maka tolonglah perhatikan kami, kami hanyalah seorang pelajar yang ingin menggapai cita-cita, kami hanyalah orang yang penuh dengan kekurangan yang ingin mengubah nasib, maka tolonglah kami untuk mencapai kekurangan itu, kami hanyalah seorang pelajar yang bisa dibilang sebagai orang yang kurang sopan, maka tambahkanlah moral yang lebih pada kami, kami hanyalah orang-orang yang ingin mendapatkan kesuksesan pada masa depan nanti.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga keinginan dan usul saya dapat bermanfaat untuk Purbalingga di masa yang akan datang.  aminn,..

Wassalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.