Kepada Yth.

Bapak Bupati Purbalingga

Di_Tempat

 

Assalamu’alaikum wr.wb

Bapak Bupati yang terhormat, semoga bapak selalu dalam keadaan sehat dan dilindungi oleh Allah swt. Perkenalkan nama saya Kurnia Putri Agustina kelas xii ap4 di SMK Muhammadiyah 01 Purbalingga. Izinkan saya untuk bercerita semoga bapak berkenan mendengarkan curahan hati seorang rakyat.

Saya tinggal disebuah gubug kecil di desa yang tak lagi seindah dulu yakni desa Bajong. Desa yang sempat ku kagumi, namun entah kenapa sekarang rasa kagumku atas desa ini mulai berkurang. Aku berfikir rasa bosan dan kejenuhan akan menghilang saat aku berjalan membuang penak didaerah kota purbalingga, misalkan di alun-alun, di taman kota, dan beberapa tempat lain. Namun tak saperti yang saya bayangkan, ternyata sama kota inipun mulai tak indah lagi. Maaf sebelumnya pak, saya hanya mengungkapkan apa yang saya rasakan.

Mungkin ini seperti menghina, namun ini fakta. Saya mengatakan kota ini tak lagi indah dan tak lagi dapat ku kagumi karena, kota ini mulai kotor, kota ini mulai bau, kota ini mulai bising, dan pemilik kota yang biasa disebut dengan kota PERWIRA ini mulai egois.

Kini sampah mulai berserakan bau busuk akan keberadaan sampah mulai tercium dimana-mana, asap kendaraan mulai mengotori udara yang dulunya segar. Kesadaran masyarakat satu sama lain mulai berkurang, kini banyak masyarakaat dari kota purbalingga yang mulai memikirkan diri sendiri. Bahkan menurut pandangan saya mereka mulai mengikuti adat dari orang-orang timur yang sesungguhnya tidak pantas untuk ditiru, terutama bagi anak remaja. Sering saya lihat anak remaja berduaan ditempat umum daerah sekitar purbalingga yang menurut saya akan menyebabkan suatu anggapan akan buruknya maasyarakat kota kita.

Bapak bupati yang terhormat, saya selaku masyarakan kota purbalingga sangat merindukan indahnya kota perwira kita ini. Saya mempunyai saran, jika bapak berkenan saya berharap ada saran ini dapat merubah purbalingga agar menjadi kota yang indah dan mengagumkan.

  1. Saya berharap agar bapak selaku Bupati Purbalingga dapat membuat suatu acara akbar yang dapat menyatukan kembali masyarakat Purbalingga agar lebih damai, sehingga rasa egois tiap anak akan berkurang. Misal jalan sehat, atau festifal purbalingga, dll.
  2. Alangkah baiknya apabila dikota kita tercinta ini diadakan penanaman pohon dengan melibatkan anak-anak sekolah, karena selain dapat mengurangi terjadinya polusi udara, juga dapat menjadi pelajaran bagi anak-anak agar lebih mencintai kota ini.
  3. Sampah . yaa itu masalah yang sangat berat karena kesadaran masyarakat akan kebersihan sangatlah kurang, masih banyak orang yang suka membuang sampah sembarangan, padahal telah disediakan tempat sampah lebih dari satu. bagaimana jika diadakan kegiatan kebersihan di kota, itu akan memunculkan suasana baru yang lebih nyaman. Mungkin akan lebih menarik perhatian lagi apabila pejabat-pejabat kota purbalingga juga turut melaksanakan kerja bakti kebersihan agar dapat memunculkan rasa simpatik masyarakat terhadap pentingnya kebersihan.

Semua yang bapak lakukan sesungguhnya sudahlah baik, namun alangkah lebih baiknya lagi apabila kebersihan, keindahan dan kerukunan masyarakatnya juga diperhatikan. Karena apabila kota kita bersih, indah, nyaman dan warganya ruklun maka akan banyak orang yang lebih menyukai saat berada dikota perwira atau kota kita sendiri dari pada kota tetangga. Dan jika kota kita bersih terutama pada tempat rekreasi warga kita akan lebih sering liburan dikota sendiri daripada dikota lain. Karena sesungguhnya itu akan mengunkan bagi kondisi keuangan kota ini.

Sekali lagi maaf ya Pak jika apa yang saya ungkapkan kurang bersahabat, saya hanya ingin berkata sesuai apa yang saya rasakan. Mungkin itu semua adalah keluhan yang saya rasakan. Harapan akan kembalinya indah di kotaku sendiri.

Terimakasih atas waktu Bapak.

Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Siswi Purbalingga

 

Kurnia Putri Agustina

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •