Purbalingga, 11 Nopember 2014

Yth. Bupati Purbalingga

Bapak Drs. H. Sukento Ridho Marhaendrianto

Di Purbalingga

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bapak Bupati yang saya hormati.

Seiring surat ini saya tulis, saya harap Bapak dan keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat, diberi keberkahan dan hidayah Allah S.W.T. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menulis dan menyampaikan surat ini kepada Bapak. Saya Naufal Sebastian Anggoro dari SMA Negeri 1 Bobotsari ingin menyampaikan harapan saya tentang Purbalingga di masa depan.

Bapak Bupati yang saya banggakan.

Gerakan cabut paku di pohon merupakan salah satu usaha yang baik untuk merawat tumbuhan. Selain memperindah pandangan kota karena iklan-iklan telah dibuang juga mempertahankan keawetan dan umur pohon. Pohon merupakan makhluk hidup penghasil oksigen di dunia. Semakin berkurangnya pohon akibat orang-orang yang tidak bertanggung jawab semakin sedikit pula oksigen yang dihasilkan sehingga membuat bumi kita ini menjadi lebih panas. Belum lagi akibat asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan lain-lain yang membuat lapisan ozon di atmosfer menjadi tipis. Saya perhatikan di Purbalingga menjadi lebih panas dari pada 4 tahun yang lalu, apalagi di jalan raya yang menghubungkan Bobotsari-Purbalingga banyak tebing yang gundul dan rawan longsor. Terlebih lagi jalan setelah SMP Negeri 1 Bojongsari terdapat tebing yang dulu pernah longsor dan banjir.

Bapak Bupati yang budiman.

Sebagaimana kita ketahui bersama menanam pohon memiliki banyak fungsi diantaranya :

  1. Sebagai produsen oksigen.
  2. Menahan laju air dan erosi
  3. Menjaga kesuburan tanah
  4. Mengurangi zat pencemar udara.

Tanaman yang pantas untuk ditanam salah satunya pohon trembesi yang mempunyai daya serap CO² tertinggi dari pohon lainnya.

Menurut pandangan islam, menanam pohon merupakan kegiatan beramal sholeh. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam haditsnya yang berbunyi :

ﺼﺪﻘﺔ ﺒﻬﻴﻤﺔ ﺍﻻ ﻜﺎﻦ ﻟﻪ ﺒﻪ ﻤﻨﻪ ﻄﻴﺮ ﺍﻮ ﺍﻨﺴﺎﻦ ﺍﻮ ﻴﺰﺮﻉ ﺰﺮﻋﺎ ﻔﻴﺄﻜﻞ ﻤﺎ ﻤﻦ ﻤﺴﻟﻢ ﻴﻐﺮﺲ ﻏﺮﺴﺎ

“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya.” [HR. Al-Bukhoriy dalam Kitab AL-Muzaro’ah (2320), dan Muslim dalam Kitab Al-Musaqoh (3950)]

Bapak Bupati yang saya cintai.

Saya mengharapkan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di sekitar alun-alun kota namun di jalan-jalan desa, pinggir jalan raya. Saya juga mengharap agar bapak melakukan penyuluhan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten Purbalingga terutama para siswa – siswi generasi muda di setiap sekolah di Kabupaten Purbalingga untuk lebih peduli terhadap pohon dan lingkungan, sehingga Kabupaten Purbalingga yang kita cintai ini menjadi tempat tinggal yang sejuk dan nyaman.

Demikian saran dan harapan saya. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •