Purbalingga, 14 November 2014

 

Kepada Yth.

Bapak Bupati Purbalingga

Di_

Tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan terkirimnya surat ini saya mohon izin kepada Bapak Bupati selaku pemerintah Kabupaten Purbalingga agar memperkenankan saya untuk menyampaikan beberapa butir masalah dan saran yang menurut saya pantas dipertimbangkan dalam pembangunan Purbalingga yang lebih baik ke depannya. Setelah melihat dan mengamati kondisi Purbalingga sekarang, saya sebagai pelajar dan sekaligus masyarakat asli Purbalingga, sudah sepantasnya untuk ikut peduli akan nasib kota perwira ini di masa depannya.Dan berikut beberapa masalah sekaligus saran saya yang semoga dapat diterima oleh bapak :

  1. Keadaan perekonomian masyarakat di pedesaan.

Tidak hanya kota, desa juga berperan penting dalam memajukan Kabupaten suatu daerah. Apabila semua desa di Kabupaten Purbalingga ini maju dan makmur dalam perekonomiannya,saya yakin Kabupaten kita bisa maju dan mandiri dari pemerintah. Namun untuk mencapai semua itu tidaklah mudah. Butuh usaha keras dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten dan Perangkat Desa serta masyarakat desa itu sendiri. Misalnya dalam bidang pertanian. Saya ingin tidak ada lahan kosong di pedesaan yang tidak dimanfaatkan. Seperti di desa saya yaitu Desa Tumanggal. Di desa saya masih banyak lahan yang hanya dijadikan kebun kosong dengan beberapa tanaman yang ada di sana tanpa perawatan yang rutin. Melihat pemandangan yang menjenuhkan itu setiap hari, membuat saya berfikir ingin merubah desa saya menjadi lebih indah dengan hijaunya lahan yang menghasilkan rupiah. Yaitu dengan menanam berbagai macam tanaman sayur yang cocok di lahan Tumanggal. Dan masyarakat yang tidak mempunyai ladang untuk bercocok tanam, mereka bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya. Selain menghijaukan dan mengindahkan lingkungan desa, kegiatan tersebut juga bisa dijadikan bisnis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hasilnya bisa dijual ke pasar atau bahkan bila kualitasnya bagus bisa juga dikirim ke luar kota atau dimasukkan ke supermarket. Saya harap Bapak Bupati berkenan memberikan bantuan secara merata untuk desa – desa  yang membutuhkan modal untuk memajukan desanya.

  1. Pariwisata Kabupaten Purbalingga

Saya ingin Purbalingga bisa sejajar dengan Kota Bogor, Yogyakarta dan Bali dalam bidang pariwisata. Meskipun saya tahu Purbalingga hanyalah Kabupaten kecil yang masih belum begitu terkenal. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk Purbalingga bisa menyaingi kota – kota besar tersebut selama kita masih punya Pratin dengan panorama alamnya yang indah. Pratin bisa dijadikan tempat wisata pilihan yang layak bagi masyarakat bila tempat itu dikelola pemerintah dengan baik dan dijadikan tempat wisata yang menarik. Pemerintah bisa membangun beberapa penginapan yang khas bangunan Purbalingga yang terbuat dari bambu sebagai tempat untuk menginap bagi tamu yang berkunjung. Selain fasilitas penginapan, saya ingin Pratin juga bisa sebagai tempat untuk belajar. Misalnya belajar menanam dan memetik stroberry, mengolah stroberry dan yang lainnya. Siapa tahu dengan itu, Pratin bisa menjadi lebih terkenal lagi dan bisa mengurangi kemacetan di puncak Bogor. Karena masyarakat lebih tertarik dengan pesona puncak Pratin yang tidak kalah bagusnya. Semakin banyak tempat wisata yang dibangun baik itu wisata alam maupun buatan, semakin banyak pula peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Untuk warga sekitar tempat wisata, bisa memanfaatkannya dengan membuat berbagai souvenir yang bisa dijual di sekitar tempat wisata tersebut.Dan untuk anak – anak yang berpendidikan minimal SMA/SMK  Bapak Bupati juga bisa membuka lowongan pekerjaan sebagai TOUR GUIDE wisata Purbalingga. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten kita tercinta.

Demikian beberapa saran yang dapat saya sampaikan kepada Bapak, semoga bisa dijadikan referensi bagi Bapak Bupati dalam membangun Kota PERWIRA ini ke depannya. Dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam berucap dan tidak sesuai dengan hati Bapak karena saya hanya mengungkapkan apa yang menjadi mimpi dan harapan saya untuk Kabupaten kita yang tercinta ini.

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.