Purbalingga, 13 November 2014

 

Yth. Bupati Purbalingga

Bapak Drs. H. Sukento Ridho Marhaendrianto, MM

Di Purbalingga

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Bapak bupatiku yang kucintai, bagaimana keadaan bapak? Saya harap bapak dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Sang Maha Kuasa. Ini adalah surat pertama yang saya buat untuk bapak. Namun sebelumnya, perkenankalah saya memperkenalkan diri. Nama saya Ta’fif Lukman Afandi. Saya bersekolah di SMA N 1 Bobotsari. Sebagai pemuda yang ingin melihat keadaan alam Purbalingga lebih asri, saya ingin mengutarakan isi hati saya kepada bapak melalui surat ini.

Bapak bupati yang saya banggakan. Saya cukup prihatin dengan keadaan alam Purbalingga sekarang ini khususnya sungai. Hampir seluruh sungai di wilayah Purbalingga sudahlah tercemar oleh sampah yang menumpuk. Sampah yang menumpuk di sungai dapatlah menimbulkan masalah antara lainnya :

  1. Air sungai tidak mengalir dengan normal,
  2. Ikan-ikan dapat mati karena ada sampah tertentu mengandung zat kimia yang dapat merusak ekosistem sungai,
  3. Kualitas air menjadi buruk disertai bau yang tidak sedap,
  4. Pada musim hujan dapat terjadi karena sungai tidak berfungsi dengan baik.

Tentu saja saya sebagai pemuda tak ingin merasakan bencana banjir melanda daerah Purbalingga. Coba bapak bayangkan apabila kota Purbalingga dilanda banjir seperti di Jakarata? Pastinya bapak tak menginginkan hal itu terjadi. Jadi, saya berharap bapak bisa melakukan beberapa tindakan antara lainnya : Membuat UU larangan membuang sampah disungai atau mengadakan sebuah kegiatan untuk membersihkan sungai seperti mengadakan lomba sungai bersih, Menyediakan bak sampah disetiap tempat, Sosialisasi tentang dampak dari menumpuknya sampah disungai, serta Mengadakan lomba mengolah limbah rumah tangga menjadi benda yang bermanfaat dengan tujuan agar warga Purbalingga dapat menuangkan kreatifnya dan menyadari bahwa sampah masih ada manfaatnya. Dengan dilakukan kegiatan seperti itu warga Purbalingga akan lebih sadar dan keadaan sungai pun akan menjadi indah. Selain itu, kegiatan mengolah limbah rumah tangga itu dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kerajinan yang bisa mendapatkan penghasilan. Sehingga bagi warga Purbalingga yang tidak mempunyai pekerjaan bisa menciptakan sesuatu yang menarik dari olahan limbah rumah tangga untuk di jual.

Bapak bupati yang budiman.  Saya harap ide-ide tadi dapat dilaksanakan demi Purbalingga tercinta. Ayolah wujudkan Purbalingga menjadi lebih indah dan menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya. Cegahlah banjir sedini mungkin.

Sekian yang bisa saya utarakan untuk bapak. Apabila dalam surat ini terdapat banyak kesalahan maupun keliruan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb