Pilihan Plesir

TWP Purbasari Pancuranmas Dapat Penghargaan Pariwisata

Sanggaluri

BRALING.COM, PURBALINGGA – Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara menyalakan asa Purbalingga menjadi Kota Wisata. Objek wisata itu ditetapkan sebagai obyek wisata terbaik I di Jateng yang dikelola swasta.

Penghargaan diserahkan oleh Sekda Jateng DR Ir Sri Puryono yang mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sabtu 23 November 2014 malam di Solo. Penghargaan pariwisata ini melengkapi prestasi pariwisata Purbalingga yang meraih Travel Club Tourism Award (TCTA), dua hari sebelumnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno MSi mengatakan, penghargaan sebagai bentuk apresiasi Pemprov Jateng dalam upaya menggerakkan industri pariwisata untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Pemprov Jateng melalui Dinas Kebudayaan dan pariwisata setahun sekali menggelar seleksi terhadap terhadap destinasi wisata di seluruh kabupaten/kota di Jateng. Tahun ini hampir semua kabupaten/kota di Jateng mengikuti ajang ini. TWP Purbasari pada tahun ini mendapat juara I dan berhak tas piagam serta uang pembinaan,” kata Prayitno, Senin 24 November 104.

Indikator penilaian dalam lomba tersebut meliputi aspek manajemen, sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat, penerapan Sapta Pesona, peningkatan jumlah pengunjung dan pembinaan dari Pemkab. “Penilaian selain melalui penelitian dokumen yang dikirimkan juga melakukan kunjungan ke obyek wisata tanpa pemberitahuan lebih dulu,” kata Prayitno.

Prayitno mengatakan, Pemkab Purbalingga komitmen mengembangkan sector pariwisata karena pariwisata dinilai telah mengambil peran penting dalam pembangunan perekonomian, yang ditunjukkan dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Pembangunan pariwisata memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi daerah sebagai instrumen peningkatan pendapatan daerah. “Pariwisata juga mampu menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD), memperluas lapangan kerja, menanggulangi kemiskinan dan mampu mengangkat citra daerah,” katanya.

Terpisah, Manajer TWP Purbasari Pancuranmas, Junjung SE mengatakan, mereka terus berbenah menambah wahana untuk menambah daya tarik wisatawan. Saat ini setidaknya ada dua wahana baru yang disiapkan. Dua wahana tersebut yakni kolam ikan raksasa dan taman buah.

Penambahan wahana baru obyek wisata ini, untuk semakin menambah daya tarik pengunjung. Sebelumnya, pada lebaran 2014 lalu, obyek wisata milik H Sarimun  ini melaunching wahana baru istana burung impor. “Kami ingin terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan, salah satunya dengan penambahan wahana baru,” ujar Junjung.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.