Plesir

Festival Kenthongan Digelar, Kunjungan Wisata Meningkat

BRALING.COM, PURBALINGGA – Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas berhasil menaikan tingkat kunjungan melalui Festival Kenthongan. Acara yang digelar Minggu 21 Desember 2014 itu menyedot pengunjung dari sejumlah kabupaten tetangga.

Kebanyakan dari mereka adalah supporter ataupun kerabat dari peserta festival. “Kami bersyukur karena  jumlah pengunjung luar biasa melimpah,” ujar Pemilik TWP Purbasari Pancuranmas, H Sarimun Budi Purwanto di sela acara.

Manajer TWP Purbasari Pancuranmas, Junjung menjelaskan festival kenthongan digelar rutin setahun sekali. Festival ini selain untuk nguri-nguri seni budaya sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Purbalingga ke 184.  Pendaftar tercatat 34 grup kenthongan, namun yang mendaftarkan ulang 16 grup.

Junjung senang dengan penampilan atraktif grup kenthongan. “Penampilan mereka unik dan menarik, bahkan ada satu grup anak-anak Satria Bumbung Laras dari Purwokerto yang tampil menarik dan mengundang gelak tawa tersendiri bagi penonton,” kata Junjung.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto yang membuka kegiatan itu mengungkapkan, festival kenthongan mampu meningkatkan kualitas budaya Purbalingga Banyumas. Selain itu juga mampu membuat gembira para wisatawan yang datang.

“Wisatawan yang dating yang semula bersedih, setelah berwisata dan melihat music kenthongan, hatinya semoga bergembira. Dengan bergembira maka jiwanya akan sehat, jika sehat maka rejekinya akan bertambah,” ujar Sukento.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, MSi  menyebut event tidak hanya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan saja namun juga sarana promosi untuk menarik kunjungan lebih banyak lagi.

Prayitno menambahkan, TWP Purbasari Pancuranmas pada November 2014 menjadi destinasi wisata terbaik di Jateng versi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng. Sementara Purbalingga meraih penghargaan Travel Club Tourism Award kategori the Most Improved-Gold dari El-Jhon Publising dan Kementerian Pariwisata.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *