BRALING.COM, PURBALINGGA – Bencana yang dialami warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara mengundang rasa simpati warga Purbalingga. Senin 15 Desember 2014 ini banyak elemen masyarakat yang melakukan penggalangan dana.

Di perempatan Letkol Isdiman Purbalingga KSPA Cakrawala SMK 1 Kutasari melakukan penggalangan dana. Hermanto, salah satu anggota, mengatakan, penggalangan dana dilakukan selama empat hari. Kebetulan saat ini mereka sedang tidak pelajaran karena sudah selesai mengikuti ujian semeter.

“Selain di beberapa titik perempatan, sebagian dari kami juga berjalan dari toko ke toko untuk menggalang dana,” katanya. Dana yang terkumpul, akan diserahkan kepada korban bencana alam tanah longsor di Banjarnegara. Aksi serupa juga dilakukan elemen masyarakat di Perempatan Sirongge.

PNS di Sekretariat Daerah Purbalingga juga menggalang dana. Aksi sosial ini dimotori oleh Bagian Kesra Setda. Usai apel kerja di halaman kantor setempat, petugas membawa kardus berkeliling masuk seluruh bagian yang ada di kantor itu.

Ketika Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Minggu 14 Desember 2014 kemarin, para alumni haji yang jadi anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kabupaten Purbalingga juga secara spontan menghimpun dana bantuan untuk Banjarnegara. “Uang yang terkumpul sejumlah Rp 1.649.000,” kata Wakil Ketua IPHI H Munir.

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purbalingga, sudah mulai mengirimkan bantuan kepada para korban bencana longsor di Banjarnegara. Adapun bantuan yang diberikan berupa perlengkapan mandi, sarung tangan, perlengkapan bayi, susu bayi, susu ibu hamil, bumbu dapur, minyak goreng, mantel, karpet plastik, pembalut wanita, celana bayi sekali pakai dan perlengkapan lainnya senilai Rp 15 juta.

BANGKIT WISMO

 

Sayangnya, berapa jumlah yang berhasil dikumpulkan, hingga berita ini disusun belum dapat diketahui.

(