Kapolres Purbalingga Anom  Aksi Kejahatan Ini Marak Terjadi di Purbalingga Kapolres Anom 300x227
Kapolres Purbalingga juga fokus memberantas miras.

BRALING.COM, PURBALINGGA – Polres Purbalingga mencatat aksi kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian sepeda motor (curanmor) dan penipuan masih mendominasi tindak kriminalitas di Purbalingga selama 2014.

Selain kasus tersebut, Kepala Polres Purbalingga Ajun Komisaris Besar Anom Setyadji menyebut kasus kebakaran dan narkoba juga masih marak di Kota Perwira Purbalingga.

Aksi curat di tahun 2014 naik dari 57 kasus di 2013 menjadi 73 kasus. Aksi pelaku banyak menyasar alat-alat elektronik seperti komputer dan proyektor di sekolah. “Kasus pencurian komputer di sekolah-sekolah sudah bisa diungkap dengan menangkap para pelakunya,” katanya.

Polres Purbalingga juga banyak menangkap pencuri dan penadah maling motor. Kebanyakan pelaku membidik sepeda motor milik para petani yang diparkir di tepi jalan desa dan dijual pula ke warga pedesaan di wilayah lain.

Kendati jumlah kasus penipuan menurun dari 52 kasus menjadi 34 kasus, namun kasus ini masih menjadi favorit para pelaku kejahatan. Modusnya mulai dari modus bisnis MLM, investasi bodong hingga motif klasik pengganda uang.

Kasus kejahatan obat-obatan terlarang mengalami penurunan dari 14 kasus menjadi 12 kasus. Purbalingga sendiri bukan merupakan sasaran peredaran narkoba. Adapun para pelaku yang ditangkap sebagian besar adalah pemakai obat terlarang itu.

“Kasus pembunuhan juga terjadi, dan saya harap hanya kali ini saja. Terakhir, pembunuhan dilakukan sekelompok anak muda kepada orang penyakit jiwa. Pelaku di bawah pengaruh miras oplosan. Karena itu  kami konsen juga untuk memberantas miras oplosan,” katanya.

BANGKIT WISMO