Pawarta

Dinnakan Purbalingga Optimis Produksi Ikan Air Tawar Meningkat

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinnakan) Purbalingga, Siswanto yakin bahwa akan ada peningkatan produktifitas pembudi daya ikan di Kota Braling.

Hal itu disebabkan karena cuaca sangat mendukung proses budidaya di lain sisi permintaan pasar pun semakin baik. Banyak permintaan ikan dari wilayah Bandung, Pemalang, Brebes, dan Pekalongan.

Dinnakan Purbalingga mencatat pada periode Oktober- Desember produksi ikan air tawar mencapai 1.200 ton. “Pada Januari ini hingga Maret nanti, diprediksi meningkat menjadi kurang lebih 2.000 ton,” katanya Siswanto.

“Permintaan dari Jakarta ke Indramayu sudah kembali normal. Sehingga Purbalingga bisa kembali melempar ke daerah-daerah yang biasa kita suplai, dan produksi kita menunjukkan grafik menanjak,” kata Siswanto menjelaskan.

Dijelaskan lebih lanjut, cuaca hujan juga mendukung budi daya pembesaran ikan. Hal ini karena suhu air menjadi hangat, berbeda saat kemarau yang airnya cenderung dingin. Sejauh ini belum ada laporan kematian bibit ikan yang siginifikan.

“Namun demikian juga perlu disokong dengan mudahnya masyarakat mendapatkan ikan segar. Misalnya meminta agar warung-warung menyediakan ikan, juga pedagang keliling yang menjual ikan mentah. Ini yang harus digarap serius,” katanya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.