BRALING.COM, PURBALINGGA – Kalau kamu sarjana dan suka dengan pemberdayaan desa, maka segera daftarkan diri dalam program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) tahun 2015.

Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga Dinpora) membuka lowongan untuk 50 sarjana dari berbagai disiplin ilmu untuk program ini. Sebelumnya, PKKP bernama Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (SP3).

Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga pada Dinbudparpora Purbalingga Drs Benny Wiratno mengatakan, ada 15 kabupaten yang menjadi lokasi PKKP tahun 2015. Jumlah desa penempatan sebanyak 25 desa dan setiap desa 2 orang.

Peserta program PKKP bertugas di desa sebagai motivator, fasilitator, akselerator dan dinamisator dalam mengoptimalkan pembangunan desa. Kriteria calon peserta, lanjut Benny, memiliki KTP Jateng, usia maksimal 28 tahun pada tanggal 1 Maret 2015, mempunyai kemampuan menulis dan mendokumentasikan laporan melalui teknologi informasi, sehat jasmani rohani, berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara, belum menikah dan sanggup tidak menikah selama menjalani kontrak.

“Peserta belum memiliki pekerjaan dan tidak terikat kontrak dengan lembaga atau instansi lain, serta tidak menuntut diangkat sebagai CPNS,” kata Benny, Kamis 22 Januari 2015.

Pendaftaran dilakukan online melalui dinpora.jatengprov.go.id mulai 22 sampai 31 Januari 2015. Pengiriman berkas lamaran ke 15 kabupaten lokasi PKKP. Pendaftar yang berasal dari kabupaten/kota di luar  15 kabupaten penugasan diperbolehkan ikut mendaftar dengan pilihan lokasi di 15 kabupaten tersebut.

Pendaftar yang ber-KTP kabupaten lokasi penugasan akan diutamakan untuk ditempatkan di lokasi tersebut guna lebih memberdayakan potensi pemuda lokal.

BANGKIT WISMO