Plesir

Rintis Desa Wisata, Ini Objek Wisata Andalan Kedungbenda

BRALING.COM, PURBALINGGA – Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon memantapkan diri untuk merintis menjadi desa wisata di Purbalingga. Langkah pertama dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Linggamas

Kepala Desa Kedungbenda, Tosa mengatakan, Kedungbenda bukan lagi daerah terpinggirkan di Purbalingga setelah adanya Jembatan Linggamas. Banyak warga Banyumas, Banjarnegara dan Wonosobo yang melalui Kedungbenda.

“Kami ingin menangkap peluang ini agar Desa Kedungbenda mampu menjadi desa wisata dimasa mendatang,” kata Tosa. Peresmian pokdarwis dilaksanakan di Balai Desa Kedungbenda oleh Dinbudparpora Purbalingga.

Kedungbenda bakal mengandalkan sejumlah objek wisata untuk mendongkrak pamor desa. Yakni wisata Sungai Klawing. Mereka berniat menggunakan perahu bekas sarana penyebrangan untuk menjadi perahu wisata yang tarifnya Rp 5000 untuk 15 menit. Selain itu, juga akan ada tempat penjualan ikan.

Selain perahu wisata juga ada Tempuran Congot yang merupakan pertemuan arus Sungai Klawing dan Sungai Serayu, Lingga Yoni dan kuliner kupat Landan. Kedungbenda tampak yakin dengan potensi wisata ini.

Kabid Pariwisata Dinbudparpora Ir Prayitno MSi menyebut dengan optimis bahwa potensi di Kedungbenda sangat layak jual untuk dikembangkan sebagai paket wisata. “Jika ini dikemas secara baik dan promosi yang gencar, kami yakin banyak diminati wisatawan,” kata Prayitno.

Kepala Dinbudparpora Drs Subeno SE MSi  menyambut positif terbentuknya Pokdarwis ‘Pesona Linggamas’. Setelah pembentukan diharapkan melakukan pembenahan sumberdaya manusia (SDM) agar sadar sapta pesona pariwisata.

“Kami akan memfasilitasi peningkatan kualitas SDM Pokdarwis  melalui sejumlah pelatihan seperti pelatihan pembuatan paket wisata, pelatihan pemandu wisata, pelatihan mengelola homestay dan pemasaran wisata,” kata Subeno.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *