Pilihan

Surati Bupati, DPRD Purbalingga Ingatkan Hal Ini

BRALING.COM, PURBALINGGA – DPRD Purbalingga melayangkan surat kepada Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto. Dalam surat itu, DPRD mengingatkan bahwa masa jabatan bupati akan habis pada 27 Juli 2015.

Tetapi, DPRD tidak cuma mengingatkan soal tanggal kedaluarsa jabatan Sukento. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian DPRD terkait masa jabatan bupati yang akan segera habis itu.

Dalam surat yang dikirim akhir Januari lalu, Tongat, Ketua DPRD Purbalingga meminta Bupati Sukento untuk segera menyampaikan Laporan Keteratngan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran dan LKPJ akhir masa jabatan.

Kata Tongat, LKPJ akhir tahun anggaran harus disampaikan paling telat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. “Sedangkan LKPJ akhir masa jabatan disampaikan paling lambat 30 hari setelah pemberitahuan DPRD,” kata Tongat.

Dalam LKPK, Bupati harus menjelaskan arah kebijakan umum pemerintahan daerah. Selain itu juga pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah.

Dan mengenai urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan. “LKPJ yang terdiri dari LKPJ akhir tahun anggaran dan LKPJ akhir masa jabatan disampaikan dalam rapat paripurna dewan,” Tongat menjelaskan.

LKPJ akan dibahas DPRD. Berdasarkan hasil pembahasan, DPRD akan menetapkan keputusan DPRD. Keputusan tersebut disampaikan paling lambat tiga puluh hari setelah LKPJ diterima.

“Keputusan DPRD disampaikan kepada bupati dalam rapat paripurna istimewa. Keputusan itu menjadi rekomendasi bagi bupati untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan,” ucapnya.

Tongat menegaskan DPRD akan objektif dalam mengaji LKPJ. Menurutnya LKPJ tahun 2014 memiliki nilai strategis. “Pasalnya bupati masa jabatannya akan segera berakhir dan yang bersangkutan juga akan bersaing di Pilkada tahun 2015,” ujar politisi PDIP itu.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *