BRALING.COM, PURBALINGGA – Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melepas lelah dari rutinitas selama enam hari beraktifitas. Selain jalan-jalan, bercocok tanam di taman bunga depan rumah merupakan cara lain yang efektif untuk melepas penat.

Dengan bercocok tanam tidak hanya membuat otot dan syaraf mengendur. Namun sekaligus bisa membuat rumah kita semakin segar dan indah. Bunga adalah salah satu elemen taman yang cocok untuk tujuan itu.

Agar bunga tetap indah dan subur serta mekar menawan, berikut ada beberapa tips yang bisa menjadi referensi merawat bunga di halaman rumah.

Perhatikan Sinar Matahari

Pada dasarnya, bunga butuh sinar matahari untuk tumbuh dengan baik. Warna pada kelopak bunga bisa merekah dengan sempurna bila mendapat sinar matahari yang cukup. Cahaya hangatnya membuat klorofil warna bunga tampak cerah.

Beri Pupuk

Pupuk dibutuhkan untuk membuat bunga tetap subur. Ada beberapa jenis pupuk yang bisa digunakan untuk menanam bunga, NPK, misalnya. Taburkan pupuk di atas tanah setidaknya dua minggu sekali.

Pangkas Kelopak yang Mati

Pangkas bunga yang sudah mati. Kelopak bunga yang mulai berguguran sebaiknya dipotong untuk mengganti tumbuhnya bunga baru.

Pastikan Kebutuhan Air

Kadar air yang cukup bagi bunga maupun tanaman lain di taman adalah penting. Pada saat penyiraman, atur curah air; jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kadar air yang terlalu banyak menyebabkan kebusukan sehingga bunga sulit merekah.

Demikian tips merawat taman bunga. Saatnya menyiapkan moodbooster dari halaman rumah.