Pawarta

Didemo Ribuan GTT dan PTT, Bupati Purbalingga: Saya Juga Prihatin

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto menegaskan bahwa Pemkab akan meningkatkan kesejahteraan guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap sesuai tuntutan Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (FHGTK) Purbalingga

“Saya juga prihatin dengan nasib mereka. Kami usahakan dan segera bergerak. Tapi untuk menjadikan mereka sebagai CPNS itu tidak mungkin. Terserah saya mau dikatakan bagaimana, tapi saya tidak mau melanggar aturan dari pusat,” katanya.

Langkah yang dilakukan demi meningkatkan kesejahteraan itu di antaranya, Pemkab akan mendapatkan data valid seluruh GTT dan PTT. Untuk urusan data ini, Bupati meminta Dinas Pendidikan (Dindik) berkoordinasi dengan FHGTK Purbalingga.

“Mekanisme pendataannya saya serahkan ke Dindik dan forum. 1 April, Bupati dan Sekda sudah mendapatkan data tersebut,” katanya.

Lalu, Bupati Sukento juga akan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mengetahui kemampuan anggaran pemkab untuk bisa mengalokasikan anggaran untuk keperluan tersebut.

Rapat juga termasuk dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Bagian Hukum dan HAM Setda. “Dengan demikian, aturan penambahan kesejahteraan bagi mereka jelas. Saya juga minta bantuan DPRD untuk ini,” katanya.

Sekda Purbalingga Imam Subijakto mengungapkan, tahun ini Pemkab sudah mengalokasikan Rp 6 miliar untuk penambahan kesejahteraan GTT-PTT tersebut sesuai dengan jumlah data 2014. Namun tahun ini belum bisa direalisasikan karena jumlah mereka sudah bertambah.

“Jika tetap dicairkan, mereka yang tidak terdata tidak akan mendapatnya. Untuk penambahan kesejahteraan Rp 100 ribu-Rp 150 ribu per orang saja kami membutuhkan Rp 6 miliar. Dengan tambahan data tentunya anggaran yang digunakan akan bertambah besar,” kata Imam.

Sementara itu, Kepala Dindik Purbalingga Tri Gunawan Setiadi mengatakan, Dinas Pendidikan siap memfasilitasi dan mengakomodasi tuntutan guru sejalan dengan aturan yang berlaku. Terkait penambahan kesejahteraan, Dindik akan langsung bergerak sesuai instruksi Bupati.

Anggota DPRD Purbalingga Sunarko mengatakan, jika untuk kesejahteraan masyarakat, DPRD akan ikut memperjuangkannya. Dewan akan mendukung apa pun langkah Pemkab untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan wiyata bakti tersebut.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.