BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Purbalingga, AKP Sudarsono mewacanakan supaya Purbalingga mengaktifkan kembali Kawasan Tertib Lalu Lintas atau KTL. Selama ini, KTL belum bisa dilaksanakan secara optimal.

AKP Sudarsono mewacanakannya saat pembinaan petugas parkir di Aula Dinhubkominfo Purbalingga, Senin 30 Maret 2015. Dalam acara itu, diikuti petugas parkir, Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Jonathan Eko Nugroho dan Pasintel Kodim Kapten DS Cahyadi.

Di Purbalingga sudah ada KTL yakni di jalan Jenderal Soedirman depan Markas Kodim ke barat sampai pertigaan Taman Usman Janatin. Dilanjutkan dari Taman Kota Usman Janatin atau Jalan A Yani sampai terminal bus Purbalingga.

Dengan penerapan itu, AKP Sudarsono menilai, Purbalingga akan bisa mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha. Penghargaan ini diberikan pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Sebagai informasi, penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.

Dalam kesempatan itu, AKP Sudarsono meminta petugas parkir bisa mendukung terwujudnya Purbalingga yang tertib lalu lintas. Penataan kendaraaan harus rapi. Demikian juga dengan kelengkapan atribut bekerja yang dikenakan juru parkir.

BANGKIT WISMO