Plesir

Persaingan di Industri Pariwisata Menuntut Pelaku Wisata yang Bermental Pemenang

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pelaku wisata di Purbalingga harus menjadi pemenang dalam industri pariwisata. Persaingan antardestinasi wisata dan juga perkembangan teknologi menuntut adanya pelaku wisata yang mampu memberikan pelayanan terbaik.

Kata Kabid Pariwisata di Dinbudparpora Purbalingga, Prayitno, pelaku wisata di Purbalingga harus jeli memanfaatkan peluang promosi wisata agar wisatawan yang hendak berkunjung tertarik  untuk datang menikmati destinasi wisata yang ditawarkan.

Prayitno menjelaskan itu saat pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku wisata di Aula Dinbudparpora Purbalingga, Senin 30 Maret 2015. Pelatihan diikuti pelaku wisata dari desa wisata, pengelola pokdarwis, petugas obyek wisata dan anggota Paguyuban Wisata Purbalingga (Wisbangga).

Prayitno juga menggambarkan jika pelaku wisata harus mampu menanamkan kata-kata dan pikiran sehingga wisatawan akan tergugah untuk bersimpati dan mengetahui lebih jauh informasi wisata apa yang disampaikan.

“Pemilihan kata dan kalimat yang tepat ini yang perlu menjadi dicontoh oleh pelaku wisata dalam membuat leaflet atau pamflet destinasi wisata,” kata Prayitno.

Wakil Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (FK Deswita) Provinsi Jateng, Aris Widianto lebih banyak berbicara soal strategi promosi dan pemasaran wisata. Kata Aris, peran promosi dan pemasaran wisata sangat besar pengaruhgnya untuk menarik kunjungan wisatawan.

Wisatawan akan tertarik jika kemasan promosi menarik dan tidak bertele-tele. Begitu juga dengan pelaku wisatnya, harus memiliki penampilan menarik, supel agar calon konsumen menjadi yakin dan tertarik untuk datang ke destinasi wisata yang ditawarkan.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *