Pilihan

Remaja Ini Dicari Polisi Purbalingga Karena Status di Facebook

Warga Kalimanah harus berurusan dengan Polres Purbalingga. Ini karena status Facebook yang dibuatnya dinilai mengancam polisi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Berhati-hatilah saat memasang status di Facebook. Niat hati sekadar melepas kegundahan hati, malah bisa berurusan dengan polisi seperti yang baru saja dialami warga Kecamatan Kalimanah yang berinisial BY, 15 tahun.

Karena kesal telah ditilang Satlantas Polres Purbalingga, BY memajang status forum di Facebook Grup Info Cegatan Purbalingga dan Sekitarnya pada Rabu, 18 Maret 2015, pukul 20.00. Forum ini memang kerap menjadi ruang berbagi informasi tentang lalu lintas warga Purbalingga.

Di grup tersebut, BY menulis, “ger wruh polisi lg numpak mtor wengi”, dwekan pngen tek begal bletik tangan mbi sikile, truz di jiret ng wit mtore d. buang pengen bnget kya kue, tp ra tw menangi polisi dwekan”.

Nah, salah satu anggota Reskrim Polres Purbalingga yang berada di grup langsung menyelidiki tempat tinggal BY. Status itu dinilai sudah bernada ancaman terhadap polisi. BY terancam enam tahun penjara sesuai Pasal 45 ayat 1 UU No 11 Tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik (ITE).

“Pada Senin (23/3) kami kemudian mendatangi tempat tinggal anak tersebut,” kata Kepala Satreskrim Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Djunaidi dalam pers rilisnya.

Namun, Kepala Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Besar Anom Setyadji memilih tak memperkarakan kasus itu dan tidak menahan pelaku. Alasannya, pelaku masih di bawah umur, baru pertama melakukannya dan meminta maaf kepada isntitusi Polri serta berjanji tidak akan mengulangi lagi.

“Pelaku dibawa oleh keluarga dan didampingin pihak desa ke Polres Purbalingga untuk meminta maaf. Kami tempuh jalur dispute resolution karena pelaku masih anak-anak dan mengaku dalam konteks bercanda,” katanya.

BY mengaku cuma iseng menulis status Facebook tersebut. Ia sendiri mengaku belum pernah ditilang oleh polisi karena melanggar lalu lintas saat berkendara. Padahal ia juga tidak memiliki SIM karena masih di bawah umur. BY juga sudah meminta maaf kepada Kapolres Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *