BRALING.COM, PURBALINGGA – Polres Purbalingga sangat mendukung adanya usulan dari Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Purbalingga untuk mengubah komplek Stadion Goentoer Darjono menjadi arena balap roadrace maupun dragrace.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga Ajun Komisaris Sudarsono mengatakan realisasi dari usulan itu bisa mengurangi angka balap liar di jalanan. “Memang harus seperti itu, pemkab harus memfasilitasi mereka,” kata dia.

“Kalau ada tempat latihan, balap liar akan berkurang. Selama ini mereka balapan di jalanan karena tidak ada tempat untuk menuangkan kemampuan mereka. Nanti latihannya dikoordinasi oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) atau FOBM,” katanya.

AKP Sudarsono menyebut aksi balap liar di Purbalingga masih cukup banyak. Biasanya dilakukan oleh para remaja tanggung di jalan pinggiran atau desa. Aksi mereka cukup meresahkan masyarakat yang melintas jalan tersebut.

Meskipun demikian, sambung dia, fasilitas latihan untuk balap motor itu, harus tetap memperhatikan piranti keselamatan bagi para pembalap atau mereka yang menonton. Jangan sampai latihan tersebut juga malah memakan korban.

FOBM Purbalingga mengusulkan parkir motor depan stadion digunakan tempat latihan roadrace dan jalan belakang stadion digunakan latihan dragrace. Sedangkan waktunya, sore hari seminggu dua kali, bergantian pada Rabu dan Jumat.

Sebelumnya, Kepala Seksi Olahraga Bidang Pemuda Olahraga Dinbudparpora Purbalingga Martoyo mengatakan dinas siap mengakomodasi keinginan dari FOBM tersebut, jika memang tujuannya untuk pembinaan dan prestasi.

BANGKIT WISMO