Pawarta

Bantuan Kube Perdesaan Jangan untuk Kepentingan Pribadi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Melalui program penanggulangan kemiskinan perdesaan, Kementrian Sosial RI memberikan bantuan kepada 45 kelompok usaha bersama (Kube) Perdesaan di enam desa di Purbalingga.

Masing-masing kube akan mendapat bantuan Rp 20juta. “Pemkab banyak berharap mendapat bantuan untuk pengentasan kemiskinan. Salah satunya melalui KUBE Perdesaan ini,” ujar Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto.

Sukento berharap program Kube Perdesaan bisa dimanfaatkan untuk usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Jangan untuk konsumtif. Apalagi sampai berubah jadi macan tutul. Maksudnya, kambing yang seharusnya diternak malah dijual untuk sate kambing,” kata Sukento.

Bupati mengingatkan para kepala desa untuk ikut mengawasi keberhasilan program di desanya. “Jangan berani-berani mengotak-atik program untuk kepentingan pribadi. Bisa bermasalah secara hukum nanti,” tegas bupati.

Kasubid Pengembangan Kapasitas pada Direktorat Penanggulangan Kemiskinan, Kemensos RI, Eko Priyatno  meminta steakholder di daerah tidak main potong terhadap bantuan yang dihibahkan untuk Kube.

Bantuan langsung ditransfer kepada rekening kube sehingga tidak boleh ada yang meminta bagian selain anggota kelompok. “Kalau ada yang minta mengatasnamakan kementerian, dinas atau siapapun, jangan dikasih. Termasuk bila yang minta pendamping desa,” kata Eko Priyatno.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran), Ngudiarto menjelaskan, sejak 2008, Purbalingga telah mendapat bantuan KUBE mencapai 100 kelompok masing-masing mendapat Rp 20 juta.

Selain bantuan kube, Purbalingga juga akan mendapatkan bantuan Kemensos RI untuk pemugaran 80 rumah tidak layak huni masing-masing Rp 10 juta. Tahun lalu, untuk program yang sama mendapat 130 RTLH.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.