BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga menyebutkan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilaksanakan serentak membuat Pemerintah Kabupaten Purbalingga menghemat dana hingga Rp 6 Miliar. Akhir tahun 2015, Jateng gelar 17 pilkada serentak.

“Pelaksanaan pilkada,  Purbalingga yang semula menganggarkan anggaran kurang lebih Rp 26 miliar.  Akan tetapi dengan adanya pilkada serentak menjadi Rp 20 Miliar. Itu artinya dengan pilkada serentak ini ada penghematan Rp 6 Miliar,” tutur Bupati Sukento.

Ia berkata soal itu saat Seminar Nasional Dalam Rangka Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2015 di RM Bale Apoeng Bojongsari, Sabtu 18 April 2015. KPU Pusat, DKPP, serta Komisi II DPR RI hadir sebagai narasumber.

Tak hanya soal duit, Bupati Sukento juga menyebut pilkada serentak akan menghadirkan keuntungan lain. Di antaranya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah yang stabil serta rekruitmen pejabat yang bisa persiapkan dengan baik dan lebih awal.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga Sri Wahyuni berkata, pemungutan suara serentak akan bisa dilakukan pada tahun 2027. “Dan untuk pilkada serentak tahun ini selain Kabupaten Purbalingga ada 16 Kabupaten/Kota,” kata Yuni.

BANGKIT WISMO