BRALING.COM, PURBALINGGA – Seiring dengan dinamika menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga yang kian menghangat, muncul gerakan #PILKADABERSIHatauGOLPUT. Gerakan ini ditujukan demi mewujudkan cita-cita Pilkada Purbalingga yang bersih.

Diawali Cinema Lovers Community (CLC), Institut Negri Perwira, Mandat dan Braling.com, gerakan #PILKADABERSIHatauGOLPUT ini diharapkan mampu menjadi bagian dari aksi rakyat Purbalingga. Ini adalah gerakan bersama-sama, bukan gerakan kelompok.

“Sederhana saja, kami hanya ingin Pilkada Purbalingga bersih. Tidak ada opsi lain selain Pilkada bersih, kecuali golput,” kata Indaru Setyo Nurprojo, Direktur Institut Negri Perwira. Ia pun mengajak rakyat yang ingin Purbalingga bersih turut bergabung.

Gerakan ini bergulir awal melalui jejaring sosial. Pada setiap status yang diposting, relawan gerakan ini selalu menyertakan hastag #PILKADABERSIHatauGOLPUT. Hastag ini menjadi simbol kampanye Pilkada bersih yang mereka gulirkan.

Yudia Patriana, Direktur Mandat, berkata proses Pilkada yang diwarnai money politics akan menghasilkan pemimpin yang korup. Mereka yang duduk di kursi kekuasaan dengan jalan kotor, kata dia, tidak akan mempedulikan rakyat yang memberinya mandat.

“Sebaliknya, mereka justru hanya berpikir bagaimana mengembalikan ongkos politik yang dikelurkan selama pencalonan,” ujar dia.

Direktur CLC Purbalingga, Bowo Leksono, menambahkan gerakan ini merupakan upaya membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat Purbalingga bahwa sesungguhnya yang menentukan masa depan Purbalingga adalah mereka sendiri.

Momentum Pilkada merupakan saat yang tepat membuat perubahan. “Yang sesungguhnya menjadi ‘tuhan’ itu adalah rakyat sendiri, bukan parpol. Karena itu, kami mengajak masyarakat Purbalingga untuk bersama-sama mengawal Pilkada agar berlangsung secara jujur,” kata dia.

BANGKIT WISMO