Pilihan

Purbalingga Ingin Segera jadi Kabupaten Layak Anak, Ini Alasan Bupati

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto meminta Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Purbalingga untuk segera mewujudkan Purbalingga sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Sehingga anak-anak kita segera mendapatkan perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, ekploitasi ekonomi dan sosial serta dari beban pekerjaan,” ujar Bupati Sukento saat Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas KLA Kabupaten Purbalingga di Operation Room Graha Adiguna, Rabu 8 April 2015.

Di Purbalingga, jumlah anak-anak diperkirakan mencapai 34 persen dari jumlah total penduduk Purbalingga. Karena itu, anak-anak sebagai generasi penerus di masa mendatang harus mendapatkan perhatian yang cukup.

Menurut Sukento, anak-anak harus mendapatkan hak bermain, hak mendapat pendidikan, hak perlindungan, hak mendapat nama yang baik, status kebangsaan, hak atas makanan yang sehat, hak akses kesehatan, hak rekreasi, kesamaan hak dan hak berperan dalam pembangunan.

“Merekalah yang akan menjadi pelaksana pembangunan dimasa mendatang, sehingga harus memiliki kompetensi. Agar terwujud, maka kebijakan pembangunan kita harus terintegrasi dan terencana secara menyeluruh guna memenuhi hak-hak anak,” kata Sukento.

Ketua Tim Gugus Tugas KLA, Setiyadi berkata, untuk mewujudkan Purbalingga sebagai Kabupaten Layak Anak diperlukan kesungguhan dan persamaan persepsi dari suluruh pemangku kepentingan di Purbalingga. Termasuk masyarakat dan kalangan dunia usaha.

“Masih banyak warga kita yang hidupnya tidak layak, tinggal dirumah yang sangat reot, tidak memiliki pekerjaan, anak-anaknya tidak bersekolah dan banyak lagi lainnya. Upaya untuk mengentaskan kondisi seperti ini tak pernah muncul dalam musrenbang,” ucap Setiyadi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.