Pawarta

Sekolah Bukan cuma Urusan Belajar Formal

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Tri Gunawan Setiadi berpesan bahwa sekolah harus menjadi tempat yang layak bagi siswa mengembangkan potensinya. Sekolah bukan cuma urusan belajar formal.

“Dari model pembelajaran, fasilitas, suasanya, kebersihan, guru dan karyawan, sarana dan prasarana harus mendukung perkembangan anak. Sekolah kan bukan hanya tempat belajar saja, tapi lebih dari itu,” kata Tri Gunawan, Senin 27 April 2015.

Menurut Tri Gunawan, Sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa. Anak-anak harus merasa betah dan senang dalam belajar, bermain dan berapresiasi jika datang ke sekolah.

Dinas Pendidikan Purbalingga sendiri akan memastikan sekolah mampu melakukan pembinaan dalam pelaksanaan program sekolah layak anak. Program ini bertujuan agar prestasi baik akademik maupun nonakademik serta perkembangan karakter yang baik pada para siswa terus berkembang.

Sementara itu, Kepala SMP 3 Purbalingga, Suyanto berkata, program sekolah ramah anak sudah diterapkan di sekolahnya. Intinya dalam pembelajaran di kelas, di dalam sekolah maupun di luar sekolah, hubungan antara para warga sekolah berperan seperti layaknya keluarga sendiri.

“Guru ramah, santun, senyum, salam dalam memberikan pendidikan pada siswa. Tidak ada bullying, intimidasi atau ancaman pada siswa yang melanggar peraturan, namun diberikan pengertian dengan baik-baik seperti anaknya sendiri,” katanya.

Pembina Pramuka SMP 3 Purbalingga, Sri Mangesti menuturkan, penerapan sekolah ramah anak pada pramuka lebih mengutamakan pendekatan persuasif dalam memunculkan potensi siswa. Paradigma pramuka yang dulu keras penuh disiplin tinggi diubah menjadi menyenangkan dan diminati siswa.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *