Gaya Pilihan

Bergaya dengan Produk Daur Ulang, Kenapa Tidak!

BRALING.COM, REMBANG – Biasanya sampah plastik dianggap tidak bermanfaat lagi, lalu dibuang begitu saja. Padahal jika di olah sedemikian rupa akan menghasilkan barang baru dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Bank Sampah Resik Mandiri Desa Sumampir, Kecamatan Rembang telah menunjukan bahwa sampah plastik, seperti bungkus jajan anak-anak, plastik bekas kemasan deterjen, minyak, dan sebagainya diolah menjadi aneka tas, dompet, bantal kursi, map buku, taplak meja, dan bros.

“Untuk produk unggulan kami ada aneka tas dan dompet dari kawul plastik,” kata Nurhalimah, 28 tahun, pegiat Bank Sampah Resik Mandiri, beberapa waktu lalu.

“Produk ini menjadi unggulan kami karena tidak terlalu menonjolakan sampah dan model bisa disesuaikan dengan permintaan, sehingga masyarakat tetap bisa bergaya tidak merasa malu atau gengsi untuk menggunakan produk kami meskipun terbuat dari sampah,” Nurhalimah menambahkan.

Tas dan dompet di bandrol harga berkisar antara Rp. 20.000 sampai Rp. 150.000 per untuk satu buahnya, tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya. Selain memproduksi harian, di sini juga menerima pesanan dan bisa di sesuaikan dengan keinginan dari konsumen.

Tapi, produksi ini tidak hanya soal meningkatkan kesejahteraan, melainkan juga soal mengubah cara pandang masyarakat akan sampah. Sebab, hal itu tidak cukup dengan memberi himbauan saja, tapi perlu tindakan langsung ke masyarakat. Dari kegiatan daur ulang ini banyak manfaat yang diperoleh.

“Selain mendapat tambahan penghasilan dari membuat kerajinan dari sampah ini, saya juga merasa senang bisa ikut menjaga lingkungan,” kata Mulyanti, 37 tahun, pengrajin di satu-satunya Bank Sampah di Kecamatan Rembang ini.

Walaupun selama ini perjalanan bisnis daur ulangnya masih terhambat oleh pemasaran, namun para pegiat bank sampah ini terus optimis ingin membesarkan usaha daur ulangnya guna mengurangi sampah dan juga memberikan tambahan penghasilan bagi warga di sekitarnya.

INA FARIDA

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *