Pilihan

Desa Munjul Diserang DBD, Dinas Kesehatan Lakukan Pengasapan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sejumlah warga RT 1 RW 1 dan RT 12 RW 6 di Desa Munjul, Kecamatan Kutasari terserang demam berdarah dengue (DBD). Senin-Selasa, 4-5 Mei 2015, Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga pun melakukan pengasapan di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Purbalingga, Semedi mengatakan, dari laporan yang ia terima, pada April lalu lima orang terserang DBD. Pengasapan tersebut dilakukan karena kasus DB di desa tersebut dinilai cukup gawat.

“Memang belum ada yang meninggal, namun cukup meresahkan. Karena itu pengasapan untuk mematikan nyamuk dewasa penyebab DB harus dilakukan,” katanya.

Untuk diketahui, wilayah Kecamatan Kutasari bukan termasuk endemis DBD. Kasus DBD di wilayah itu baru sekali terjadi saat ini. Yang menjadi wilayah endemis DBD di Purbalingga antara lain Kecamatan Purbalingga, Kalimanah dan Bobotsari.

Semedi menjelaskan, selama Januari hingga April, jumlah kasus DBD di Purbalingga mencapai 104 kasus dan mengakibatkan dua orang meninggal. Cukup tingginya kasus DBD tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya cuaca.

“Pada musim hujan dan pancaroba seperti saat ini, nyamuk aides aigepty sangat mudah berkembang biak. Sebab media untuk berkembang biak banyak ditemukan di banyak tempat,” katanya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.