BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga telah menyiapkan duit Rp 22,012 milyar untuk melaksanakan Pilkada di 9 Desember 2015. Bagaimana pengalokasiannya?

Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purbalingga merinci KPU Purbalingga akan mendapatkan dana hibah senilai Rp 19,062 Milyar. Sedangkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga mendapat Rp 2 Milyar.

Untuk jasa pengamanan disalurkan ke Polres Purbalingga sebesar Rp 412,9 juta, Kodim 0702 Purbalingga sebesar Rp 46,3 juta, Batalyon 406 sebesar Rp 16,1 juta dan Lanud Wirasaba sebesar Rp 5,8 juta. Sementara Desk Pilkada mendapat uang Rp 467,5 juta.

“Desk ini bertujuan untuk memfasilitasi penyelenggaraan pemilu agar berjalan sukses,” jelas Kepala Kesbangpol, Satya Giri Podo. Desk Pilkada dipimpin Sekretaris Daerah Purbalingga dan beranggotakan sejumlah instansi seperti Polres, Kodim dan Kejaksaan Negeri.

Sekretaris Daerah Purbalingga, Imam Subijakto mengatakan selain memfasilitasi desk berfungsi membackup penyelenggaraan pilkada. Sehingga dalam desk diperlukan kepanitiaan bidang monitoring dan logistik.

Walaupun Purbalingga masih terlihat adem ayem, para camat diharapkan untuk selalu memonitor keadaan wilayahnya. Deteksi dini mulai sekarang agar situasi keamanan bisa terkendali,” ujar Sekda Imam yang juga sudah mendaftarkan sebagai calon Bupati Purbalingga.

 

BANGKIT WISMO