Pawarta

Layar Tanjleb FFP 2015 Datangi Desa Jati, Warga Antusias Menonton

BRALING.COM, CILACAP – Cuaca cerah mengawal rombongan kerja rombongan layar tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2015 menancapkan layar di Desa Jati, Kecamatan Binangun, Cilacap, Jumat 8 Mei 2015. Selepas waktu maghrib warga pun berhamburan ke pelataran balai Desa Jati.

Tak lupa para pedangang kaki lima pun turut mengais rezeki. “Saya biasanya berdagang pada pagi hingga siang hari. Mendengar ada tontonan, saya mencoba menjajakan dagangan dan alhamdulillah laris dan habis karena cuaca juga terang,” ungkap Wanto, pedagang es jus.

Tidak berbeda dengan pedagang yang lain, terlihat dagangan laris. Tidak sampai pemutaran film usai, mereka sudah berkemas berlanjut turut menonton film. Warga pun antusias memadati pelataran balai desa terlebih, sudah sangat lama tidak ada tontonan layar tanjleb. Rasa penasaran pun muncul.

Kepala Desa Jati Suwarno mengatakan, pihaknya didatangi program layar tanjleb FFP 2015 karena menginginkan adanya tontonan film yang berbasis edukasi. “Harapannya, film-film yang diputar dapat menjadi pemicu dan pemacu bagi warga memaknai cerita yang ditawarkan dalam film,” jelasnya.

Di depan warga Desa Jati dan sekitarnya, Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga yang menggagas adanya FFPmemutar film Cepetproduksi SMPN 4 Satu Atap Karangmoncoldan “Coblosan” produksi SMK 1 Kutasari Purbalingga. Kedua film tersebut bagian dari program Kompetisi Pelajar Banyumas Raya.

Film utama yang diputar dokumenter “Menonton Penonton” sutradara Ardi Wirda Irawan, film fiksi “Lemantun” sutradara Wregas Bhanuteja, dan film dokumenter “Digdaya Ing Bebaya” sutradara BW Purbanegara, serta memutar pula film panjang “Siti” sutradara Eddie Cahyono.

Menurut pegiat FFP Canggih Setyawan, perangkat desa pun dapat menjadi panitia local layar tanjleb FFP. “Desa Jati contohnya. Mereka kompak dan merasa penting menghadirkan film di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.