Pawarta

Metode “Intan Mesra Maruti” Bisa jadi Alternatif Profesi Kaum Perempuan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pekerjaan sebagai karyawan pabrik bulu mata atau rambut palsu telah menguras waktu kaum ibu di Kabupaten Purbalingga. Kesibukan setiap harinya membuat waktu bersama keluarga menjadi berkurang.

Perempuan Purbalingga pun berusaha mencari jalan lain untuk mendapatkan pemasukan. “Perias pengantin bisa menjadi profesi yang tepat bagi perempuan di Purbalingga,”kata Intan Widya Permani, Instruktur Tata Rias Pengantin LKP Idola Purbalingga.

Intan yang bekerja sebagai guru TK ini belum lama menulis artikel bertajuk “Intan Mesra Maruti (Inovasi Tata Rias Penganti Solo Putri, Membuat Alis dengan rumus Titik Tarik). Kata dia, mampu membantu ekonomi keluarga, perias pengantin bisa turut melestarikan budaya Jawa.

Dia menyontohkan soal tata rias dalam membentuk alis tidak hanya soal mempercantik mempelai perempuan, namun juga turut membuat pernikahan budaya Jawa semakin menarik dan berkembang. Sekalipun terkesan sederhana, alis menjadi “pintu gerbang” kecantikan seseorang.

“Alis merupakan hal yang terpenting dalam tata rias pengantin Solo Putri, karena pandangan pertama tentu tertuju pada alis. Alis seseorang belum tentu memiliki kesamaan dan tidak simetris,” kata Intan yang tinggal di Desa Gandasuli Kecamatan Bobotsari.

“Kami ingin berbagi ilmu membuat alis melalui rumus titik tarik dengan metode explisit instruction, tanpa meninggalkan estetika tetapi masih berkiblat pada adat istiadat kebudayaan yang ada atau pakem yang telah ditentukan,” imbuh dia.

Gebrakan “Intan Mesra Maruti”, dia menjelaskan, adalah inovasi dengan Metode Eksplisit Instruction. Yang mana membuat alis dengan rumus titik tarik. Dalam metode ini instruktur akan menjelaskan banyak hal secara runtut mengenai tata cara membuat alis pengantin putri Solo.

Mulai dari cara membuat alis pengantin Solo putri dengan rumus titik tarik, mempraktikkan pembuatannya, meminta peserta didik untuk memperhatikan, mempraktikkan dan diakhiri dengan menyimpulkan tentang inovasi rumus titik tarik yang dilakukan, dapat membentuk alis sesuai pakem sebagai bagian riasan mata yang terpenting dalam tata Rias Pengantin Solo Putri.

 

 

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *