BRALING.COM, PURBALINGGA – Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) akan merekrut 1.925 pengawas untuk memantau Pilkada Purbalingga di Desember 2015. Panwaskab menegaskan bahwa seleksi akan dilaksanakan secara objektif.

Ketua Panwaskab Dewi Palupi menjelaskan, jumlah itu diantaranya merupakan anggota panwaskab, kemudian 54 orang panwascam, 239 Penitia Pengawas Lapangan (PPL) dan 1.629 orang pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Proses seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi dan seleksi tertulis serentak di Jawa Tengah akan digelar hingga akhir Mei. Kata Dewi, penetapan anggota panwascam pada 4 Juni. sementara pembekalan ditarget paling lambat 8 Juni.

“Meski para peserta kebanyakan didominasi oleh mantan panwascam dan PPK, namun hal itu tidak mempengaruhi penilaian dan perekrutan calon Panwascam. Kami akan tetap obyektif,” kata Dewi Palupi beberapa waktu lalu.

Pada suatu kesempatan, Bupati Sukento Ridho Marhaendrianto juga berharap pilkada di Purbalingga bisa berjalan lancar. “Perlu adanya peningkatan kerjasama antara jajaran Panwas Pilkada, Polres dan Kejaksaan dalam mengawasi, mencegah dan mengatasi setiap pelanggaran pilkada,” kata Sukento.

BANGKIT WISMO