Pilihan

Ada 2.851 Pengendara Terjaring Operasi Patuh 2015, Apa Kesalahannya?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Selama Operasi Patuh Candi 2015, yang digelar 27 Mei – 9 Juni 2015, Satlantas Polres Purbalingga menjaring setidaknya 2.851 pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Satlantas juga mendata satu orang pengendara meninggal akibat kecelakaan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Sudarsono membeberkan bahwa dari ribuan pengendara yang melanggar itu, 2.093 surat tilang dikeluarkan polisi untuk mereka. Sisanya, 758 pelanggar mendapatkan teguran untuk tidak mengulanginya lagi.

“Mereka yang ditilang banyak yang tidak memiliki atau membawa SIM serta tidak dapat menunjukkan surat-surat kelengkapan. Selain itu, mereka yang berkendara dianggap membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” katanya AKP Sudarsono.

Selama operasi tersebut digelar, disebut AKP Sudarsono, tingkat angka kecelakaan rendah. Hanya ada 16 kejadian yang mengakibatkan seorang meninggal dan 23 orang mengalami luka ringan dengan kerugian materi mencapai Rp 6,2 juta.

Kepala Polres Purbalingga, AKBP Anom Setyadji berkata Operasi Patuh sebagai cipta kondisi menjelang operasi kemanusiaan Ketupat Candi menjelang lebaran nanti. Harapannya, setelah pengguna jalan mendapatkan tindakan karena melanggar lalu lintas, tidak akan mengulanginya lagi.

“Bukan bertujuan mencari kesalahan atau pelanggaran pihak pengendara, tetapi dimaksudkan untuk mengubah perilaku masyarakat dalam berlalu lintas. Jadi operasi semacam ini semacam kegiatan kampanye. Denda atau sanksi yang menyertai pelaksanaan kegiatan diharapkan bisa menjadi efek jera,” kata dia.

Setelah ini diharapkan tidak ada lagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas atau minimal jumlahnya berkurang secara drastis. Dengan demikian, katanya, maka akan terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas selama arus mudik dan balik nanti.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.