Pilihan

Melalui ACFFest, KPK Ajak Kaum Muda Lawan Korupsi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Di tengah ketatnya gempuran dari berbagai pihak, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus aktif melahirkan generasi antikorupsi. Salah satu langkah yang masif dilakukan yakni dengan menggandeng kaum muda pembuat film di berbagai kota.

Salah satu langkahnya yakni dengan menggelar Anticoruption Film Festival (ACFFest) 2015. Dimotori Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, KPK menggelar ACFFest di Hotel Kencana Purbalingga, Sabtu 13 Juni 2015.

Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja berkata, pemberantasan korupsi akan berhasil jika masyarakat terlibat dan berperan serta secara aktif dalam gerakan antikorupsi yang mendorong kesadaran untuk menciptakan perubahan sosial.

“ACFFest merupakan salah satu bentuk kampanye antikorupsi yang dikemas dalam budaya pop agar lebih mudah diterima oleh masyarakat umum,” jelasnya. Di luar ACFFest, KPK juga aktif kampanye antikorupsi melalui radio dan event lainnya.

Adnan Pandu Praja datang untuk talkshow dengan ratusan pelajar, mahasiswa dan elemen masyarakat bersama dengan Chairun Nissa, Sutradara “Kita Versus Korupsi” dan “Hi5teria”. ACFFest 2015 mengusung tema “Make Your Move, Make Your Mov!e”.

Pada ACFFest 2015, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film fiksi, film dokumenter, video jurnalisme warga (citizen journalism), iklan layanan masyarakat (public service announcement/ PSA) dan film animasi.

Seluruh kategori ini terbuka untuk pelajar dan umum. Film yang dikompetisikan merupakan film yang diproduksi pada 1 Januari 2014 Selain kompetisi film, ACFFest 2015 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada.

Penggagas ACFFest, Ary Nugroho berkata, karya para pemenang akan dikompilasi dan diedarkan ke berbagai komunitas masyarakat untuk diputar.

Setelah Purbalingga, Roadshow ACFFest 2015 akan digelar di beberapa kota lainnya, antara lain, Sumbawa, Bali, Kendari dan Lhokseumawe. Festival yang berhasil digelar selama tiga tahun terakhir ini, telah menunjukkan partisipasi masyarakat yang menggembirakan.

 

 

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *