Pawarta

Satlinmas Jangan Ikut Dukung-Mendukung Cabup & Cawabup

BRALING.COM, PURBALINGGA – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) memiliki tugas dan fungsi yang strategis. Terlebih dengan pelaksanaan Pilkada pada Desember 2015 mendatang.

“Dalam pelaksanaan Pilkada mendatang, Satlinmas memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Karenanya saya tidak ingin anggota linmas jadi terkotak-kotak karena beda dukungan dan pilihan,” kata Bupati Sukento Rido Marhaendrianto.

Sukento yang berniat maju dalam Pilkada Purbalingga itu mengatakan hal tersebut saat menutup sekaligus melantik 25 Anggota Satlinmas Inti tingkat Kabupaten Purbalingga, usai mengikuti pelatihan Satlinmas Inti tahun 2015 di halaman Pendapa Dipokusumo, Sabtu 13 Juni 2015.

Sukento juga berpesan supaya satlinmas bisa menjadikan semangat pengabdian sebagai landasan dalam bekerja. “Saya yakin dan percaya meski dalam suasana penuh keterbatasan, namun dengan tekad pengabdian dan karya terbaik, saudara dapat melaksanakan tugas yang dibebankan secara optimal,” katanya.

Kepala Satpol PP Suroto mengemukakan, di Purbalingga terdapat sedikitnya 5.236 orang Satlinmas yang tersebar di desa dan kelurahan. Yang mana terdiri dari 5.216 Satlinmas pria dan 20 lainnya perempuan. 372 diantaranya sudah menjadi Satlinmas Inti.

Tugas utama linmas adalah melaksanakan kegiatan penanganan kebencanaan, guna mengurangi serta memeperkecil akibat bencana. Selain itu ikut memelihara kamtibmas dan  berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat lainya.

“Terkait pelaksanaan Pilkada, setiap anggota linmas dituntut dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian serta dampak dari pesta demokrasi tersebut,” kata Suroto.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.