BRALING.COM, PURBALINGGA – Pengguna smartphone semakin meningkat setiap tahunnya. Google Indonesia menyebut bahwa para pengguna itu tidak hanya menggunakan smartphone untuk aktifitas komunikasi.

Dikutip dari Techinasia.com, Google yang bekerja sama dengan TNS Global Market Research melakukan survei terhadap 1.200 responden di Indonesia menyebut ada beberapa hal menonjol yang dilakukan oleh para pengguna smartphone.

Google mengungkap bahwa sekitar 67 persen para pemilik smartphone di Indonesia lebih memilih menggunakan smartphone untuk berbelanja online. Simon Kahn, CMO Google Asia Pacific di Jakarta menggarisbawahi fenomena ini penting bagi para pemilik brand.

“Sangat penting pula dipahami bagi para pemilik brand untuk menjadikan ini peluang bisnis dari para pengguna smartphone. Intinya adalah para vendor tidak boleh mengabaikan strategi pemasaran di dunia online,” kata Simon Kahn.

Google juga mengungkap, para pemilik smartphone cenderung memanfaatkan perangkat mereka untuk layanan streaming. Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami berkata, kehadiran telepon pintar memicu tingginya aktifitas menonton video secara online.

“Pengguna smartphone di Indonesia cenderung mengakses video untuk tujuan pendidikan dan hiburan. Ini dibuktikan dengan 5 dari 10 orang penggunasmartphone lebih memilih untuk konsumsi video onlineketimbang konten lainnya,” kata Veronica.

Aktifitas pencarian di browser juga tinggi. Setidaknya, sekitar 30 persen pemilik smartphone di Indonesia melakukan pencarian dengan perangkat setidaknya dalam waktu sepekan. Total tersebut bersaing dengan hasil dari Inggris yang mencapai angka 22 persen.

BANGKIT WISMO